SHOPPING CART

close
Long Live Education

Akhlak dalam Mengajarkan Ilmu

Setelah mendapatkan ilmu, hendaknya kita berusaha mengajarkannya dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, kita akan mencapai peringkat rabbani. Allah Swt. berfirman:

“Namun jadilah kalian sebagai rabbani, berdasarkan apa yang telah engkau pelajari dari al-Kitab dan berdasarkan apa yang telah engkau amati.” (QS: Ali ‘Imram: 79)

Para ulama menjelaskan, kata rabbni di sini artinya orang yang berilmu, beramal, dan mengarjarkan.
Berikut ini beberapa akhlak dalam mengajarkan ilmu, kami paparkan satu per satu secara singkat:

a. Tidak menyembunyikan ilmu

Apabila ditanyakan tentang suatu ilmu, dan kita mengetahuinya dengan baik, hendaknya kita mengajarkan pengetahuan itu. Nabi Muhammad saw berpesan:

مَنْ سُئِلَ عن عِلْمٍ فَكَتَمَهُ ، أُلْجِمَ يَوْمَ القِيَامَةِ بِلِجَامٍ مِنْ نَارٍ . رواه أَبُو داود والترمذي

“Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu, lalu ia menyembunyikan ilmu itu, maka kelak di hari kiamat ia akan dicambuk dengan cambuk dari api.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

b. Tidak segan mengatakan tidak tahu

Apabila kita ditanya tentang suatu ilmu, dan kita tidak mengetahuinya dengan baik, hendaknya kita tidak merasa malu untuk mengatakan, “Saya tidak tahu.” Dalam hal ini Nabi Muhammad saw berpesan:

إنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ العِلْمَ انْتِزَاعاً يَنْتَزعهُ مِنَ النَّاسِ ، وَلكِنْ يَقْبِضُ العِلْمَ بِقَبْضِ العُلَمَاءِ ، حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِماً ، اتَّخَذَ النَّاسُ رُؤُوساً جُهَّالاً ، فَسُئِلُوا فَأفْتوا بِغَيْرِ عِلْمٍ ، فَضَلُّوا وَأضَلُّوا . متفقٌ عَلَيْهِ

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut suatu ilmu secara tiba-tiba dari tengah manusia. Tapi Allah mencabut ilmu itu dengan mengambil para ulama. Sehingga, apabila tidak ada lagi orang yang berilmu, orang-orang pun bertanya kepada orang-orang yang jahil. Lalu orang-orang jahil itu pun ditanya tentang beberapa perkara, dan mereka pun memberikan fatwa tanpa ilmu, sehingga mereka tersesat dan menyesatkan.” (Muttafaq ‘alaih)

Tags:

0 thoughts on “Akhlak dalam Mengajarkan Ilmu

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...