SHOPPING CART

close
Mendidik Anak

Anak Adalah Amanah

Setiap anak merupakan amanah yang harus kita jaga dengan sebaik mungkin, sehingga mereka bisa hidup bahagia. Bahagia bukan hanya di dunia, namun juga di akhirat.

Allah Swt. berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras. Mereka tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang Allah perintahkan kepada mereka, dan mereka siap mengerjakan apapun yang diperintahkan kepada mereka. (at-Tahrîm: 6)

Menegaskan hal ini, Rasulullah Saw. pun memberikan perintah kepada setiap orang tua untuk bertanggung jawab kepada setiap anggota keluarganya, sesuai dengan peranannya masing-masing. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah Saw. bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالإِمَامُ رَاعٍ وَهْوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ فِى أَهْلِهِ رَاعٍ وَهْوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالْمَرْأَةُ فِى بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهْىَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا، وَالْخَادِمُ فِى مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهْوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ.

“Setiap diri kalian adalah pengurus, dan dia akan bertanggung jawab atas tanggungannya. Pemimpin adalah pengurus, dan dia akan bertanggung jawab atas rakyatnya. Laki-laki adalah pengurus, dan dia bertanggung jawab atas keluarganya. Wanita adalah pengurus, dan dia bertanggung jawab atas rumah suaminya. Pembantu adalah pengurus, dan dia bertanggung jawab atas harta majikannya.” (HR. Bukhari)

Namun demikian, hendaknya kita pun tetap waspada. Selain sebagai amanah yang harus dijaga, anak juga merupakan ujian yang harus bisa diantipasi supaya tidak menjadi masalah bagi orang tua. Bukankah tidak sedikit orang tua yang menjadi repot bahkan celaka karena tingkah anaknya? Oleh karena itulah, Allah Yang Maha Pengasih memberikan peringatan kepada kita dengan firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (14) إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ (15)

“Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka. Namun jika kamu memaafkan dan tidak memarahi, serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.at-Taghâbun: 14-15)

Tags:

0 thoughts on “Anak Adalah Amanah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...