SHOPPING CART

close
Puasa dan Zakat

Apakah Merokok Itu Membatalkan Puasa Jawabannya Ya

Ketika datang bulan Ramadhan di waktu siang hari, ada beberapa pemuda sedang asyik merokok sambil duduk-duduk di sebuah warung.

Orang-orang yang lewat mengira mereka sedang tidak puasa.

Tapi sesungguhnyalah mereka sedang berpuasa, tapi mengira merokok itu tidak membatalkan puasa.

***

Tiga hal utama yang membatalkan puasa

Ada tiga hal yang membatalkan puasa, yaitu: makan, minum dan melakukan berhubungan seksual.

Bila kita kembali kepada perbuatan apa saja yang membatalkan puasa di atas, merokok itu memang bukan termasuk makan maupun minum. Tentu juga tidak termasuk perbuatan yang berkaitan dengan seks.

Karena merokok itu hanya memasukkan asap ke dalam paru-paru, lalu menghembuskannya kembali. Dia hanya mengambil asap, itupun dia keluarkan lagi.

Oleh sebab itu, dalam hal ini merokok nampaknya tidak bisa disamakan dengan makan maupun minum. Bukan pula yang berkaitan dengan hubungan dengan lawan jenis.

Sehingga untuk sementara, merokok dari sudut pandang ini tidak termasuk perbuatan yang membatalkan puasa.

***

Secara Sengaja Memasukkan Sesuatu ke dalam Tubuh

Orang yang merokok itu sama dengan orang yang makan dan minum. Karena dia memasukkan sesuatu ke dalam tubuhnya secara sengaja. Yaitu memasukkan asap ke dalam tubuhnya, dan itu dia lakukan melalui mulut.

Di situ dia menghirup asapnya secara mendalam, serta memperoleh kenikmatan serta kekuatan. Inilah nikotin.

Perokok sendiri ada dua, yaitu: aktif dan pasif. Seorang perokok aktif adalah orang yang sedang merokok. Perokok pasif adalah orang yang berdekatan dengan perokok aktif. Di mana perokok pasif menghirup asap yang dihembuskan oleh perokok aktif.

Perokok aktif inilah yang batal puasanya. Adapun perokok pasif tidak batal puasanya, dengan catatan: dia tidak secara sengaja menghirup asap itu dari orang yang sedang merokok di dekatnya.

Bila seorang perokok pasif secara sengaja duduk berdekatan dengan seorang perokok aktif dengan niat untuk turut menikmati asap rokok, maka dia telah mengambil posisi yang sama dengan perokok aktif. Sehingga puasanya pun juga batal.

***

Sebuah Kenyataan

Kenyataannya, banyak orang yang tahan tidak makan dan tidak minum selama seharian. Tapi dia tidak tahan untuk tidak merokok seharian.

Bila dia memiliki uang lima ribu rupiah, antara pilihan sarapan pagi atau menghisap rokok, ternyata dia mengutamakan rokok.

Dengan demikian, pada kondisi tertentu, ternyata rokok memiliki peranan yang lebih penting bagi sebagian orang dibandingkan dengan makan dan minum.

Berdasarkan fakta di atas, rokok itu sama dengan makan dan minum yang sama-sama membatalkan puasa.

Allahu a’lam.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja hal-hal yang membatalkan dan yang tidak membatalkan puasa ini, pembaca dapat menyimak artikel berikut:

Beberapa Kesalahan tentang Yang Membatalkan Puasa

____________

Sumber:

– Buku:┬áKesalahan-kesalahan Yang Sering Terjadi dalam Puasa & Zakat, Ahda Bina A.

Dalil dan Hukum Apakah Merokok Membatalkan Puasa, ANG.

Tags:

0 thoughts on “Apakah Merokok Itu Membatalkan Puasa Jawabannya Ya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.