SHOPPING CART

close
Born To Be A Blogger

Belajar pada WordPress: Dahulukan Pelayanan Sebelum Bisnis

Setelah sekian tahun berinteraksi dengan domain dan hosting gratisan di wordpress dan blogspot, lalu membandingkannya dgn domain dan hosting berbayar, berikut ini saya sampaikan beberapa kesimpulan yg bisa saya peroleh.

Khusus kali ini saya fokuskan ke WordPress. Mungkin lain kali bisa bahas yg lain.

Moga ada manfaatnya…

Pertama: Domain dan hosting gratis

Di WordPress memang bisa bikin domain gratis, tapi kita harus kreatif. Karena sekian nama yg kita inginkan biasanya sudah diambil orang lebih dulu.

Hosting juga gratis. Untuk tulisan tidak ada batasan. Sedangkan untuk gambar dan video dibatasi sampai 3 GB.

Mungkin kita bertanya-tanya, seberapa besar kapasitas server yg dimiliki oleh WordPress untuk hosting gratisan itu?

Sepertinya tidak sebesar yg kita kira dan bayangkan. Karena nyatanya, kebanyakan domain gratisan itu hampir tidak ada isinya. Sangat jarang pemilik blog yg benar-benar memanfaatkannya dgn baik.

Semua domain yg namanya bagus-bagus itu tidak ada isinya. Sebaliknya, blog yg bagus itu namanya agak panjang, sehingga juga tidak menarik.

***

Kedua: Template yang banyak dan bagus

WordPress menyediakan template yg sangat banyak dan bagus-bagus. Beberapa di antaranya malah sangat bagus. Tinggal menyesuaikan selera kita.

Untuk mengetahui template mana yg bagus dan sesuai dgn harapan, kita harus mencobanya satu per satu.

***

Ketiga: Nyaman bikin postingan

Di blog gratisan WordPress ini saya merasa sangat nyaman waktu bikin postingan. Terutama bila dibandingkan ketika saya bikin postingan pada website yg saya bikin sendiri. Padahal di website itu saya juga pakai template WordPress.

Hal ini dikarenakan tampilan dasbor yg berbeda, meskipun secara umum sama. Di sinilah kita bisa melihat kejelian WordPress yg luar biasa… Salut buat WordPress, hehe…

Selain itu, WordPress juga sudah menyediakan aplikasinya. Dengan aplikasi ini, kegiatan posting jadi lebih mudah, juga lebih nyaman…

***

Keempat: Mudah memonitor kunjungan

Di sini sebagai pemilik blog, kita pun sangat mudah memantau jumlah pengunjung dan kunjungan.

Di website saya sendiri, saya hanya bisa memantau jumlah kunjungan. Saya tidak bisa mengetahui jumlah pengunjung.

Nah, di blog gratisan WordPress ini kita bisa memantau keduanya dgn sangat mudah. Terutama dgn menggunakan aplikasinya. Asyik banget…

***

Kelima: Blog kita lebih abadi

Kalau kita bikin blog sendiri, maka blog itu bisa dipastikan akan berhenti bila kita tidak memperpanjang kontrak domain dan hostingnya.

Namun di blog gratisan seperti WordPress ini, blog kita akan tetap ada selama WordPress masih ada.

***

Keenam: Tawaran domain dan hosting berbayar

Hebat. Setelah merasa nyaman di WordPress, akhirnya saya pun jadi kepikiran bagaimana menyingkirkan tampilan iklan-iklan di blog ini.

Sebenarnya saya tidak keberatan dengan adanya iklan di sini. Hitung-hitung sebagai imbalan sudah bisa bikin blog gratisan.

Tapi masalahnya, tampilan iklan-iklan itu bagi saya sama sekali tidak menarik. Karena menawarkan sesuatu yg tidak keren dengan warna monoton yg mencolok mata. Biasanya pakai warna putih-biru. Jadi cukup mengganggu.

Memang kadang ada juga iklan yg bagus. Seperti penawaran tiket pesawat, paket liburan ke luar negeri, atau pembelian barang elektronik. Kalau ini saya suka. Karena bikin blog jadi mirip website berbayar, jadi tambah keren. Tapi yg seperti ini sangat jarang.

Dan saya sungguh tidak tahu, apakah hal ini disengaja oleh WordPress atau tidak…

Namun yg pasti, WordPress sudah siap bila sewaktu-waktu kita mau menghapus iklan-iklan itu. Yaitu dengan berlangganan domain dan hosting berbayar.

Sebenarnya harga domain dan hosting di WordPress itu tidak terlalu mahal bila dibandingkan dgn kenyamanan yg kita peroleh. Tapi kalau bisa gratis, kenapa harus pilih yg bayar…

***

Ketujuh: Memberikan pelayanan sambil cari keuntungan 

Inilah salah satu yang saya suka dari WordPress. Mereka memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat luas. Mereka memberikan kesempatan bagi kita untuk berkreasi secara gratis. Lalu mereka numpang sedikit iklas. Wajar, bukan?

Bagi yang keberatan dengan iklan-iklan itu, maka dipersilakan untuk mengambil skema blog berbayar.

Kalau mau, kita pun bisa belajar banyak pada WordPress. Sama-sama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak secara wajar. Tidak ada yang dirugikan.

***

Nah, itulah strategi WordPress dalam bisnis. Dia mendahulukan pelayanan yang luar biasa bagi masyarakat luas. Dan dia juga telah berkorban sangat banyak. Setelah itu, barulah dia menawarkan pelayanan berbayar.

Ayo siapa mau ikut bikin blog gratis di WordPress…

Tags:

0 thoughts on “Belajar pada WordPress: Dahulukan Pelayanan Sebelum Bisnis

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...