SHOPPING CART

close
Kaidah Fiqih

Kaidah Fiqih 33: Suatu Kebutuhan Yang Bersifat Hajiyat Bisa Menjadi Dharuriyat

اَلْحَاجَةُ قَدْ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُوْرَةِ

Al-haa-ja-tu qad tan-zi-lu man-zi-la-tadh-dha-ruu-rah.
Suatu kebutuhan yang bersifat hajiyat itu bisa menjadi kebutuhan dharuriyat.

 

Contoh:

1. Hukum duduk berhimpitan dengan lawan jenis yang bukan mahram itu haram. Namun diperbolehkan dalam kendaraan umum yang penuh sesak.

2. Belajar ilmu sihir itu haram. Namun seorang hakim boleh mempelajarinya untuk memutuskan perkara yang berkaitan dengan praktik sihir.

3. Membuka aurat di depan orang lain itu hukumnya haram. Namun diperbolehkan apabila ada keperluan, misalnya untuk pemeriksaan kesehatan.

 

Catatan:

1. Kebutuhan dharuriyat itu bila tidak terpenuhi membuat kita jadi celaka atau binasa. Seperti kebutuhan kita pada rumah yang akan melindungi diri, keluarga dan harta kita dari orang-orang yang berniat jahat.

2. Kebutuhan yang bersifat hajiyat itu bila tidak terpenuhi membuat hidup kita jadi susah. Seperti tempat tinggal yang nyaman dan asri, serta perabot rumah seperlunya.

3. Kebutuhan yang bersifat tahsiniyat itu bila tidak terpenuhi membuat hidup kita sangat membosankan. Seperti warna tembok rumah yang indah, atau perabot yang bagus.

4. Kebutuhan tarfihiyat atau kamaliyat itu bila tidak terpenuhi membuat kita jadi minder sendiri, seperti: rumah yang indah dan megah, lebih bagus daripada rumah kebanyakan.

5. Kebutuhan nomor 1-3 itu halal. Kebutuhan nomor 4 itu haram.

6. Kebutuhan tiap orang tidak sama. Bagi sebagian orang kebutuhan tarhiyat bisa menjadi hajiyat. Seperti kebutuhan akan pesawat jet pribadi. Bagi pengusaha besar itu kebutuhan hajiyat, namun bagi seorang dosen biasa adalah tarfihiyat.

Tags:

0 thoughts on “Kaidah Fiqih 33: Suatu Kebutuhan Yang Bersifat Hajiyat Bisa Menjadi Dharuriyat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...