SHOPPING CART

close
Long Live Education

Kajian di Masjid: antara Mengajar, Ilmu dan HR

Alhamdulillah kajian ini sudah berlangsung hampir dua tahun. Dilaksanakan tiap hari Rabu, dari ba’da shalat Maghrib hingga jelang azan shalat Isya’.

Kegiatan sekedar membaca hadits dalam kitab tersebut. Lalu hadits itu diterjemahkan, diterangkan kandungannya, dan diakhiri dengan tanya-jawab.

Alhamdulillah bukan hanya jamaah yang dapat ilmunya. Diam-diam saya sendiri juga nambah ilmu. Ilmu dari matan hadits, Musthalah Hadits, Fiqih, dan lain-lain.

Di sinilah saya bisa membuktikan sendiri. Bahwa ada ilmu yang bisa kita terima dengan membaca. Ada ilmu yang kita dapatkan dengan cara mendengarkan. Namun ternyata justru ilmu itu jauh lebih mudah kita pahami dengan jalan menerangkannya kepada orang lain.

Maka sesungguhnyalah, bila ada orang yang memperoleh manfaat paling banyak dari kajian ini, sayalah orang itu…

Jadi bukan jamaah, bukan takmir, bukan pula para mahasiswa yang sengaja ikut bergabung. Tapi pemateri sendiri yang paling banyak memperoleh ilmu yang diucapkan oleh lisannya sendiri. Karena telinga yang paling dekat dengan lisan pemateri adalah telinganya sendiri. Bukan orang lain.

Oleh karena itu, sebenarnya pemateri itu tidak perlu diberikan honorarium. Namun demikianlah adanya. Jadi pemateri itu memang sangat menguntungkan. Sudah dapat ilmu, eh dapat HR lagi. Dan HR itu harus diterima dengan ikhlas. Malah kalau menolak nanti dikira sombong…

Namun juga bukan berarti HR harus selalu diterima. Adakalanya HR juga harus ditolak dengan halus. Karena bagaimanapun kita punya tanggung jawab mengajarkan pada masyarakat, bahwa sebenarnya seorang ustadz atau pemateri tidak harus diberi HR. Bahwa sudah kewajiban seorang ustadz untuk melaksanakan pengabdian sebagai panggilan jiwa sekaligus kebutuhannya sendiri.

Alhamdulillahi Rabbil’alamin…

Tags:

0 thoughts on “Kajian di Masjid: antara Mengajar, Ilmu dan HR

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...