SHOPPING CART

close
Menghafal Al-Qur'an

Keutamaan al-Qur’an dalam Firman Allah Swt.

Dalam al-Quran, Allah Swt. memberikan penjelasan tentang fadhilah atau keutamaan al-Quran, di antaranya:

1. Mukjizat terbesar

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مثْلِهِ وَادْعُواْ مَنِ اسْتَطَعْتُمْ من دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ .

“Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” (QS. Yunus [10]: 38)

2. Tidak mengandung kebatilan

وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ . لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ تَنزِيلٌ مِّنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ.

“Dan sesungguhnya al-Quran itu adalah kitab yang mulia. Yang tidak datang kepadanya kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya. Yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.” (QS. Fushshilat [41]: 41, 42)

3. Penuh dengan hikmah

تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ .

“Inilah ayat-ayat al-Quran yang mengandung hikmah.” (QS. Yunus [10]: 2)

4. Mudah dipelajari

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ .

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. al-Qamar [54]: 17, 22, 32, 40)

5. Dengannya Allah memberikan petunjuk

ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ .

“Itu (al-Quran) adalah petunjuk Allah, dengan kitab itu (al-Quran) Ia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya..” (QS. al-Zumar [39]: 23)

6. Kabar gembira bagi orang yang beriman

إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا .

“Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. al-Isra’ [17]: 9)

7. Petunjuk, penjelas dan pembeda

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ .

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. al-Baqarah [2]: 185)

8. Ukuran validitas informasi kitab-kitab sebelumnya

وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَق مُصَدقاً لمَا َيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِناً عَلَيْهِ .

“Dan Kami telah turunkan kepadamu al-Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian (ukuran untuk menentukan benar tidaknya) terhadap kitab-kitab yang lain itu.” (QS. al-Maidah [5]: 48)

9. Mencakup seluruh aspek kehidupan

مَّا فَرَّطْنَا فِي الكِتَابِ مِن شَيْءٍ .

“Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun di dalam al-Quran.” (QS. al-An’am [6]: 38)

Maksudnya, telah ada pokok-pokok agama, norma-norma hukum, hikmah-hikmah dan petunjuk untuk kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat, serta kebahagiaan makhluk pada umumnya.

10. Kesucian dan kemurniannya senantiasa terjaga

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ .

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. al-Hijr [15]: 9)

Tags:

0 thoughts on “Keutamaan al-Qur’an dalam Firman Allah Swt.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...