SHOPPING CART

close
Menghafal Al-Qur'an

Keutamaan al-Qur’an dalam Firman Allah Swt.

Dalam al-Quran, Allah Swt. memberikan penjelasan tentang fadhilah atau keutamaan al-Quran, di antaranya:

1. Mukjizat terbesar

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مثْلِهِ وَادْعُواْ مَنِ اسْتَطَعْتُمْ من دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ .

“Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” (QS. Yunus [10]: 38)

2. Tidak mengandung kebatilan

وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ . لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ تَنزِيلٌ مِّنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ.

“Dan sesungguhnya al-Quran itu adalah kitab yang mulia. Yang tidak datang kepadanya kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya. Yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.” (QS. Fushshilat [41]: 41, 42)

3. Penuh dengan hikmah

تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ .

“Inilah ayat-ayat al-Quran yang mengandung hikmah.” (QS. Yunus [10]: 2)

4. Mudah dipelajari

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ .

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. al-Qamar [54]: 17, 22, 32, 40)

5. Dengannya Allah memberikan petunjuk

ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ .

“Itu (al-Quran) adalah petunjuk Allah, dengan kitab itu (al-Quran) Ia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya..” (QS. al-Zumar [39]: 23)

6. Kabar gembira bagi orang yang beriman

إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا .

“Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. al-Isra’ [17]: 9)

7. Petunjuk, penjelas dan pembeda

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ .

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. al-Baqarah [2]: 185)

8. Ukuran validitas informasi kitab-kitab sebelumnya

وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَق مُصَدقاً لمَا َيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِناً عَلَيْهِ .

“Dan Kami telah turunkan kepadamu al-Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian (ukuran untuk menentukan benar tidaknya) terhadap kitab-kitab yang lain itu.” (QS. al-Maidah [5]: 48)

9. Mencakup seluruh aspek kehidupan

مَّا فَرَّطْنَا فِي الكِتَابِ مِن شَيْءٍ .

“Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun di dalam al-Quran.” (QS. al-An’am [6]: 38)

Maksudnya, telah ada pokok-pokok agama, norma-norma hukum, hikmah-hikmah dan petunjuk untuk kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat, serta kebahagiaan makhluk pada umumnya.

10. Kesucian dan kemurniannya senantiasa terjaga

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ .

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. al-Hijr [15]: 9)

Tags:

0 thoughts on “Keutamaan al-Qur’an dalam Firman Allah Swt.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.