SHOPPING CART

close
Belajar Tajwid

Keutamaan Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid

Dengan mengetahui bacaan-bacaan tajwid, kita menjadi semakin yakin bahwa bacaan kita sudah tepat. Kita menjadi semakin paham, mana huruf yang harus dibaca satu harakat, dua harakat, atau lima harakat. Lalu mana huruf yang boleh dibaca dua harakat dan lima harakat. Demikian pula bacaan-bacaan yang lain bisa kita lakukan dengan tepat.

Dengan mengetahui bacaan-bacaan tajwid, kita bisa mengoreksi kesalahan bacaan kita sendiri atau saudara kita. Bila saudara itu bertanya mengapa membacanya harus demikian, kita pun bisa menunjukkan nama bacaannya sekaligus cara membacanya yang benar, sehingga saudara kita bisa memperbaiki kesalahannya, dan kita pun memperoleh pahala. Bahkan ini merupakan kesempatan memperoleh pahala yang tidak putus meskipun kita sudah meninggal, yaitu menyampaikan ilmu yang selalu dimanfaatkan oleh saudara kita yang masih hidup.

Rasulullah saw. bersabda:

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ .

“Bila seorang manusia mati, maka semua amalnya terputus, kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang terus dimanfaatkan, dan anak saleh yang selalu mendoakannya.” (HR. Muslim)

Tags:

0 thoughts on “Keutamaan Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Klik di sini
Perlu penjelasan tambahan?