SHOPPING CART

close

Keutamaan Memahami Nama-nama Bacaan Tajwid

Ilmu meningkatkan pahala

Bila ada orang yang sama-sama ikhlasnya, sama pula tata cara beribadahnya. Namun boleh jadi berbeda pahala dan keutamaannya. Karena ilmu yang dimiliki oleh masing-masing orang berbeda.

Dengan mengetahui bacaan-bacaan tajwid, kita menjadi semakin yakin bahwa bacaan kita sudah tepat.

Kita menjadi semakin paham, mana huruf yang harus dibaca satu harakat, dua harakat, atau lima harakat. Lalu mana huruf yang boleh dibaca dua harakat dan lima harakat. Demikian pula bacaan-bacaan yang lain bisa kita lakukan dengan tepat.

Baca Juga: 

Inilah Beberapa Bukti tentang Dahsyatnya Al-Qur’an

***

Ilmu adalah kesempatan ibadah yang lebih luas

Dengan mengetahui bacaan-bacaan tajwid, kita bisa mengoreksi kesalahan bacaan kita sendiri atau saudara kita.

Bila saudara itu bertanya mengapa membacanya harus demikian, kita pun bisa menunjukkan nama bacaannya. Sekaligus cara membacanya yang benar, sehingga saudara kita bisa memperbaiki kesalahannya. Dan kita pun memperoleh pahala.

Baca Juga: 

Inilah Bukti Hebatnya Orang Yang Belajar Al-Qur’an

***

Ilmu merupakan jalan amal jariyah

Bahkan ini merupakan kesempatan memperoleh pahala yang tidak putus meskipun kita sudah meninggal, yaitu menyampaikan ilmu yang selalu dimanfaatkan oleh saudara kita yang masih hidup.

Rasulullah saw. bersabda:

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Bila seorang manusia mati, maka semua amalnya terputus, kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang terus dimanfaatkan, dan anak saleh yang selalu mendoakannya.”

(HR. Muslim)

Baca Juga: 

Etika Seorang Muslim dalam Membaca Al-Qur’an

***

Kesimpulan

Dengan memahami dan menguasai ilmu tajwid, maka kita memperoleh banyak manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Semakin yakin bahwa bacaan kita sudah sesuai dengan standar tata cara membaca al-Qur’an.
  2. Meningkatkan keutamaan dalam membaca al-Qur’an. Karena membaca al-Qur’an dengan ilmu itu tidak sama dengan orang yang tidak punya ilmu. Semakin banyak ilmu yang kita miliki dalam beribadah, maka semakin mulia ibadah yang kita lakukan. Pahala pun semakin melimpah.
  3. Kita memiliki ilmu yang bisa kita bagikan dan ajarkan kepada saudara sesama muslim. Sebuah ilmu yang secara langsung berkaitan erat, bahkan menyatu dengan kitab Allah. Kesempatan untuk beramal kebajikan.
  4. Kita memperoleh kesempatan untuk memperoleh salah satu amal yang tetap mengalirkan pahala, meskipun kita telah meninggal. Yaitu ilmu yang bermanfaat.

Baca Juga: 

Macam-macam Orang Yang Tidak Paham Tajwid

***

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai tema ini. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Bila ada tambahan keterangan ataupun koreksi dari Pembaca, mohon disampaikan pada kolom komentar.

Allahu a’lam.

___________________________

Bacaan Utama:

Buku Mudah Cepat & Praktis Belajar TajwidAhda Bina A., Lc.

Artikel Ahammayyah Ilmi at-Tajwid. Syeikh Muhammad Marwan. mawdoo3.com

mudah-belajar-tajwid
Mudah Belajar Tajwid
Tags:

0 thoughts on “Keutamaan Memahami Nama-nama Bacaan Tajwid

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.