SHOPPING CART

close
Kajian Hadits

Keutamaan Sepuluh Hari di Awal Dzulhijjah

Setiap bulan memiliki keutamaannya masing-masing. Adapun keutamaan bulan Dzulhijjah sesuai dengan namanya merupakan waktu dilaksanakannya salah satu rukun Islam, yaitu ibadah haji.

Lebih dari itu, sepuluh hari yang pertama di bulan ini juga memiliki keistimewaannya tersendiri. Marilah kita simak hadits berikut ini baik-baik, semoga Allah Swt. berkenan untuk membukakan pintu hikmah-Nya untuk kita semua.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Tiada hari yang lebih mulia, juga lebih dicintai oleh Allah berdasarkan amal di dalamnya, daripada sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu, perbanyaklah tahlil, takbir dan tahmid pada waktu hari-hati itu.”

(HR. Imam Ahmad.)

Berikut beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari hadits singkat di atas:

1. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa.

2. Sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari yang paling agung dan paling dicintai Allah Swt. dibandingkan hari-hari yang lain.

3. Waktu yang istimewa merupakan kesempatan untuk memperbanyak amal saleh.

4. Tahlil, takbir dan tahmid merupakan amal yang dicintai Allah Swt.

5. Hendaknya kita memperbanyak tahlil, takbir dan tahmid di sepuluh hari itu.

***

Mengapa bulan Dzulhijjah itu istimewa?

1. Bulan dilaksanakannya ibadah haji. Salah satu rukun Islam.

2. Adanya hari raya Idul Adha. Di negara-negara Arab hari raya ini lebih ramai daripada Idul Fitri. Liburnya lebih lama.

3. Bulan kita memperingati kesuksesan Nabi Ibrahim dan keluarganya. Hal ini menunjukkan kedekatan yang sangat antara umat Nabi Muhammad Saw. dengan Nabi Ibrahim As. dan keluarganya.

4. Bulan umat Islam bergembira dengan menyembelih hewan qurban dan bikin sate bersama. Sayang hal ini tidak bisa kita lakukan semeriah tahun sebelumnya, gara-gara adanya virus corona tahun ini.

***

Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan. Semoga kita diberikan kemudahan untuk mengisi bulan Dzulhijjah dengan amal yang terbaik.

Allahu a’lam.

Tags:

0 thoughts on “Keutamaan Sepuluh Hari di Awal Dzulhijjah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...