SHOPPING CART

close

Rahasia Waktu Shalat Dhuha dalam Sabda Rasulullah Saw.

Sebagaimana kita pahami, bahwa shalat merupakan ibadah yang sudah ditentukan secara tertib kapan saja pelaksanaannya. Dan sesungguhnyalah, setiap waktu itu memiliki keutamaannya sendiri-sendiri.

Berikut ini beberapa keutamaan waktu Dhuha yang bisa kita simpulkan dari informasi yang bersumber dari Rasulullah saw.

Baca Juga: 

Inilah Waktu-waktu Yang Dilarang Melaksanakan Shalat

***

1. Waktu Bersedekah Yang Paling Mudah

Boleh jadi banyak orang yang merasa berat mengeluarkan sebagian hartanya untuk bersedekah, termasuk orang kaya sekalipun, atau malah orang semakin kaya semakin berat bersedekah.

Nah, bagi kita yang merasa berat bersedekah, ada sedekah yang tidak mengeluarkan harta sedikit pun. Sedekah, tapi cuma-cuma. Dan insya Allah tidak percuma. Sedekah ini berupa shalat sunnah dua rakaat. Karena shalat ini dilakukan di waktu dhuha, kita memberinya nama shalat Dhuha.

Rasulullah saw. bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى . رواه مسلم

“Setiap hari pada tiap ruas tulang kalian terdapat keharusan untuk bersedekah. Oleh karena itu, tasbih merupakan sedekah. Tiap tahmid adalah sedekah. Setiap tahlil adalah sedekah. Tiap takbir adalah sedekah. Memerintahkan kebajikan adalah sedekah. Mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu bisa dicukupi dengan dua rakaat shalat Dhuha.” (HR. Muslim)

Baca Juga: 

Dahsyatnya Waktu Shalat Dhuhur Dibukanya Pintu-pintu Langit

***

2. Sama dengan Kemuliaan Waktu Sepertiga Malam

Kemuliaan waktu dhuha sama dengan kemuliaan waktu malam hari, namun hal ini khusus bagi orang yang sudah biasa bangun malam untuk ibadah.

Dengan demikian, bila suatu saat orang itu tertidur di malam hari, maka ia memiliki kesempatan untuk mendapatkan kemuliaan waktu malam hari itu dengan mengerjakan ibadah di waktu dhuhanya.

Rasulullah saw. menjelaskan hal ini dengan sabda beliau:

مَنْ نَامَ عَنْ حِزْبِهِ أَوْ عَنْ شَىْءٍ مِنْهُ فَقَرَأَهُ فِيمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَصَلاَةِ الظُّهْرِ ، كُتِبَ لَهُ كَأَنَّمَا قَرَأَهُ مِنَ اللَّيْلِ . رواه مسلم

“Barangsiapa tertidur di malam hari (sehingga tidak sempat berzikir atau tilawah di waktu itu), lalu mengerjakannya di waktu antara shalat Shubuh dan shalat Dhuhur, maka baginya pahala sebagaimana ia mengerjakannya di malam hari.” (HR. Muslim)

Baca Juga: 

Waktu Shalat Dhuhur Berdasarkan Hadits-hadits Nabawi

***

3. Waktu Tercepat Membangun Istana

Bila kita melihat sebuah bangunan yang megah dan indah, mungkin saja muncul beberapa pertanyaan: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membangun? Berapakah biaya yang telah dihabiskan?

Mungkin juga pertanyaan lanjutan: Kapan ya saya bisa memiliki rumah seperti itu? Tentu saya harus bekerja bertahun-tahun dulu baru mungkin bisa memilikinya. Atau mungkin tidak akan pernah saya miliki selamanya.

Tapi ternyata, untuk membangun yang lebih baik daripada bangunan mana saja di dunia ini, cukup dilakukan beberapa menit saja. Tapi waktu beberapa menit itu harus kita gunakan secara benar. Dan kita harus bersabar, karena waktu menikmatinya harus menunggu bisa masuk surga dahulu.

Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِى الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

“Barangsiapa shalat Dhuha sebanya dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah istana dari emas di surga.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: 

Waktu Shalat Dhuha Berdasarkan Hadits-hadits Nabawi

***

4. Sebuah Pintu di Surga Bernama Dhuha

Di antara sekian banyak pintu surga, ada sebuah pintu yang disebut Pintu Dhuha. Untuk siapakah pintu itu dipersiapkan?

Tentu saja bagi orang-orang yang dahulu semasa di dunia secara tekun mendirikan shalat Dhuha.

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا، يُقَالُ لَهُ : الضُّحَى ، فَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ نَادَى مُنَادٍ : أَيْنَ الَّذِينَ كَانُوا يُدِيمُونَ عَلَى صَلاةِ الضُّحَى؟ هَذَا بَابُكُمْ فَادْخُلُوهُ بِرَحْمَةِ اللَّه . رواه الطبراني

“Di surga terdapat sebuah pintu yang disebut Dhuha. Bila telah tiba hari kiamat, ada malaikat yang berseru, ‘Dimana mereka yang dahulu ketika di dunia selalu mendirikan shalat Dhuha? Ini pintu kalian, masuklah dengan rahmat Allah.” (HR. Thabrani)

Baca Juga: 

Inilah Keutamaan dan Dahsyatnya Waktu Shalat Shubuh

***

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai tema ini. Semoga ada manfaatnya bagi kita bersama. Bila ada tambahan keterangan maupun koreksi dari Pembaca, mohon disampaikan pada kolom komentar.

Allahu a’lam.

______________

Sumber:

Buku Rahasia 7 Waktu Shalat, Ahda Bina A., Lc., M.H.I. 

Artikel: Afdhal Auqat as-Shalah.

rahasia-7-waktu-shalat

Tags:

0 thoughts on “Rahasia Waktu Shalat Dhuha dalam Sabda Rasulullah Saw.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.