SHOPPING CART

close
Keluarga Terbaik

Ternyata Rasulullah Saw. Pernah Hendak Menceraikan Seluruh Istrinya

Sesungguhnyalah, Nabi Muhammad Saw. pernah akan menceraikan seluruh istrinya. Seluruhnya pada satu waktu. Yaitu ketika mereka menyampaikan tuntutan yang sama: Perbaikan ekonomi.

Jadi kedudukan ekonomi dalam keluarga itu sangat penting. Bahkan dalam keluarga seorang nabi sekalipun. Bahkan beliau ini bukan nabi sembarang nabi.

Memang tidak ada nabi yang sembarangan. Semua nabi adalah manusia yang paling mulia di zamannya masing-masing. Maksud penulis, bahwa beliau ini adalah nabi yang paling agung di sepanjang zaman, yaitu Nabi Muhammad Saw.

Menurut para ahli sejarah, Nabi Muhammad Saw. itu pernah kaya, juga pernah miskin. Hebatnya beliau itu tetap dermawan dan perhatian kepada orang lain, baik di kala kaya maupun miskin. Sedekahnya tetap banyak, baik saat kaya maupun miskin.

Sikap zuhud itu beliau terapkan pula untuk seluruh anggota keluarganya. Tanpa kecuali, beliau mengajak seluruh istrinya untuk juga bersikap zuhud. Adalah hal yang biasa, bahwa satu bulan penuh tungku dapur para istrinya tidak mengepulkan asap. Artinya tidak ada yang bisa dimasak. Makan-minum seadanya. Biasanya berupa kurma dan air putih saja.

Hingga ketika para istri itu merasa tidak tahan dengan keadaan tersebut, mereka pun menyampaikan permintaan yang seragam tadi. Secara serentak mereka menyuarakan tuntutan yang sama: Peningkatan gizi! Mungkin begitu menurut istilah ibu-ibu zaman sekarang. Hehe…

Menyikapi tuntutan yang kompak seperti itu, Rasulullah Saw. tidak gentar sedikit pun. Dengan tegas beliau memberikan pilihan kepada mereka:

“Tetap bersamaku dengan kondisi seperti biasanya.

Atau aku berikan kesejahteraan yang melimpah, lalu aku ceraikan.”

Seorang suami yang luar biasa! Didemo bareng-bareng, malah memberikan opsi seperti itu. Memang, siapa takut? Hehe…

Dan ternyata para istrilah yang akhirnya tunduk di hadapan Rasulullah Saw. Tanpa kecuali. Mereka memilih tetap bersama beliau.

Oleh karena itu, hendaknya kita tidak membayangkan bahwa menjadi istri Rasulullah Saw. itu mudah. Semua kebutuhan dan keinginan terpenuhi dan datang sendiri tanpa diminta. Bukankah Rasulullah Saw. adalah kekasih Allah. Mestinya para istri sebagai pendukung dakwah beliau, mendapat perlakukan istimewa dari Allah.

Tapi nyatanya tidak seperti itu. Mereka memperoleh perlakukan yang sama dengan para wanita yang lain. Atau malah lebih berat cobaannya, karena akan menjadi teladan bagi keluarga kaum muslimin hingga akhir zaman.

Jadi memang demikian. Keluarga Rasulullah Saw. merupakan teladan bagi kita semua. Sebanyak apa persamaan keluarga kita dengan keluarga beliau, maka sebanyak itu pulalah kebahagiaan yang akan kita raih, baik di dunia maupun di akhirat.

Semoga Allah Swt. memberikan kemudahan kepada kita semua, untuk menerapkan teladan yang telah diberikan oleh Rasulullah Saw., khususnya yang berkaitan dengan kehidupan keluarga beliau.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaatnya. Atas segala kekurangan, mohon untuk dimaafkan. Dan bila ada tanggapan atau tambahan dari para pembaca, kami persilakan untuk disampaikan pada kolom komentar.

Terima kasih.

Tags:

One thought on “Ternyata Rasulullah Saw. Pernah Hendak Menceraikan Seluruh Istrinya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...