SHOPPING CART

close

Inilah Tiga Macam Tujuan Orang Yang Suka Diskusi

Diskusi merupakan salah satu jalan untuk menambah ilmu. Karena dalam diskusi itu masing-masing pihak akan menyampaikan pendapat dan argumen. Lalu mereka pun punya kesempatan untuk membandingkan-bandingkan dalil dan cara pemikiran lawan diskusi.

Namun demikian, kadang jalannya diskusi tidak selalu sesuai harapan. Selalu saja ada masalah dalam diskusi itu yang membuat situasi panas. Bahkan tidak terkendali. Dan semua itu sebenarnya kembali kepada niat dalam melakukan kegiatan tersebut.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang macam-macam tujuan orang berdiskusi. Baik disadari maupun tidak.

Orang diskusi itu ada tiga macam tujuan:

1. Cari menang

Inilah rata-rata yang dilakukan dalam diskusi. Pada umumnya dia tidak memiliki ilmu yang cukup untuk didiskusikan. Sehingga tidak ada ilmu yang bisa dibagi kepada orang lain.

Dia bukan mau cari kebenaran. Dia hanya ingin menang omongan tanpa mempertimbangkan argumen.

Bahkan mungkin saja. Dia sebenarnya tidak memahami omongannya sendiri. Dia asal ngomong saja. Yang penting ada yang dia katakan. Entah benar atau salah, dia sendiri tida

Apapun argumen orang lain dianggap lemah. Meskipun sebenarnya dia tidak paham permasalahannya dengan baik.

Baca juga: Inilah Beberapa Tips Diskusi Dan Berdebat Di Grup WhatsApp

2. Cari pengaruh

Orang ini biasanya lebih bagus pemahamannya dibandingkan rata-rata orang lain. Secara umum dia juga memahami tema diskusi dengan cukup baik. Namun ada masalah dengan tujuan dia berdiskusi. Bukannya ingin memperoleh kebenaran. Dia hanya mencari pengaruh dan pengakuan dari orang lain. Akan ilmunya yang mendalam dan wawasannya yang luas. Baik dia sadari maupun tidak.

Sehingga dia hanya ingin mendapat teman yang sependapat. Yang tidak sependapat atau mengganggu pendapatnya, dia pun berusaha menghabisi dan menyingkirkannya.

Biasanya mereka adalah orang-orang yang fanatik golongan. Atau terlalu memuja gurunya. Pendapat gurunya pasti benar. Pendapat orang lain pasti salah.

Kelihatannya diskusi, tapi sebenarnya dia sedang memaksakan pendapatnya pada orang lain.

3. Tukar pikiran

Inilah tujuan berdiskusi yang benar. Yaitu ingin bertukar pandangan dan argumen dengan lawan bicara. Bukan asal menang omongan. Bukan pula ingin meluaskan pengaruh, ataupun memperoleh pengakuan dari orang lain.

Dia siap belajar dari lawan diskusi.

Yang seperti ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang luas wawasannya, dalam ilmunya, sabar hatinya, terbuka pikirannya.

Kita semua pasti ingin dikatakan termasuk orang yang ketiga. Namun pada kenyataannya kebanyakan kita terjebak dan terbiasa menjadi bagian kelompok yang pertama dan kedua…

Yah itulah manusia, diciptakan dalam keadaan lemah, bodoh, dan mudah berlaku zalim.

Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua…

Allahuk a’lam.

Tags:

0 thoughts on “Inilah Tiga Macam Tujuan Orang Yang Suka Diskusi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.