SHOPPING CART

close

Supaya Artikel Nangkring di Halaman Pertama Google

Siapa tidak suka, bahagia dan bangga. Bila artikel yang kita tulis itu muncul di halaman pertama pada hasil pencarian Google. Semua orang pasti memimpikannya. Namun ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai pengalaman. Apa saja langkah-langkah yang harus kita usahakan supaya impian itu menjadi kenyataan.

1. Harus Siap Bersaing

Google itu merupakan mesin pencari. Dan Google berusaha mati-matian untuk menyajikan hasil pencarian yang terbaik. Karena itulah inti dari bisnis Google.

Sebagai pengusaha sejati, tentunya Google tidak mau mengecewakan para pelanggan. Karena pelanggan yang kecewa pasti akan berpindah ke lain hati. Seperti: Bing, Yahoo, Yandex atau yang lainnya. Bila hal itu dibiarkan, akhirnya Google akan kehabisan pelanggan. Sangat berbahaya.

Untuk itu, kita pun harus menghasilkan karya yang terbaik. Bukan asal-asalan. Apalagi hasil plagiasi. Google pasti tahu itu. Bukan hanya artikel kita yang kena tilang. Namun juga akan berimbas kepada nama baik bagi blog yang sedang kita bangun dengan susah payah.

***

2. Perbandingan

Untuk membuat artikel yang bagus. Ada baiknya kita cek dulu seperti apa artikel yang dianggap bagus oleh Google. Sehingga artikel itu bisa masuk pada halaman pertama hasil pencarian. Dari situlah kita bisa melakukan perbandingan. Apakah artikel yang sedang atau telah kita tulis itu bisa bersaing dengan artikel-artikel itu.

Kalau tidak mampu bersaing, berarti kita harus memperbaiki kualitas artikel yang kita tulis. Harus. Karena kalau kalah, berarti artikel kita tidak akan pernah masuk di halaman pertama. Artinya, hampir dipastikan tidak akan dibaca orang.

Silakan baca pulaArtikel SEO: Lebih Mudah Masuk Indeks Pencarian Google

***

3. Kerja Keras

Membuat artikel yang berkulitas bukanlah pekerjaan yang ringan. Diperlukan usaha yang sungguh-sungguh.

Saya sendiri selalu mengutip berbagai artikel yang sudah memperoleh indeks bagus dari Google. Lalu mengaitkan artikel itu sebagai daftar bacaan selama menulis artikel.

Satu artikel bisa menghabiskan waktu satu hingga dua jam duduk manis di kursi. Mengetik kata demi kata dengan tertib. Setiap kalimat mesti ada kesalahan ketik. Lalu menghapus dan menuliskan ulang.

Setelah selesai menulis, saya pun selalu membaca ulang hasil kerja sendiri. Mengecek susunan kalimat, tanda baca, hingga kelengkapan huruf dalam setiap kata. Sebisa mungkin sempurna. Supaya orang bisa baca dengan nyaman. Sehingga tidak terganggu oleh kesalahan sekecil apapun.

***

4. Yakin Berhasil

Untuk berhasil, setiap usaha perlu waktu. Sebagai harga yang harus kita bayar untuk diri kita berproses menjadi lebih baik. Dan kita yakin, pada akhirnya kita semua akan sukses. Tanpa kecuali.

Salah satu blogger yang sangat saya suka adalah Mas Sugeng. Dengan blognya yang fenomenal, yaitu: Sugeng.id.

Saya pernah beli salah satu hasil karya beliau. Sangat bagus. Saya amat suka. Meskipun akhirnya saya tidak memakainya. Tapi sungguh, saya suka hasil karya beliau. Kalaupun saya tidak memakainya, maka itu ada alasan tertentu yang tidak mengurangi hasil kerja keras Mas Sugeng. Sedikit pun.

Pada salah satu artikelnya, Mas Sugeng memberikan semangat kepada kita semua sebagai blogger pemula abadi. Dengan kisah-kisah nyata yang beliau alami sendiri. Sampai akhirnya beliau berhasil di dunia blog ini. Kuncinya: selalu belajar dan kerja keras. Dan satu lagi: keyakinan suatu saat pasti berhasil.

***

Penutup

Itulah sedikit sharing dari kami. Sebagai penyemangat minimal untuk diri sendiri. Semoga ada manfaatnya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Tags:

One thought on “Supaya Artikel Nangkring di Halaman Pertama Google

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.