SHOPPING CART

close
Hukum Islam

Apakah Anak Angkat Berhak Memperoleh Harta Warisan?

1. Jawaban singkatnya adalah: Tidak. Anak angkat tidak memperoleh hak waris sama sekali dari orangtua angkatnya. Namun…

2. Seorang anak angkat memperoleh sebuah hak yang disebut sebagai wasiat wajibah. Yaitu sebuah wasiat yang berlaku secara otomatis. Meskipun orangtua angkatnya tidak berwasiat secara lisan maupun tertulis.

3. Wasiat wajibah ini masuk dalam kategori wasiat. Di mana besaran wasiat secara keseluruhan tidak boleh lebih dari sepertiga harta waris yang ditinggalkan orangtua angkatnya itu.

4. Misalnya Pak Amir meninggal dunia dengan meninggalkan seorang istri dan seorang anak angkat. Serta harta sebesar 100 juta rupiah. Setelah dipotong untuk bayar hutang dan pengurusan jenazah tersisa 90 juta.

5. Seandainya Pak Amir tidak berwasiat apa-apa, maka anak angkat itu memperoleh wasiat wajibah sebesar maksimal 30 juta rupiah. Boleh kurang tapi tidak boleh lebih.

6. Bila Pak Amir berwasiat untuk bersedekah sebanyak 10 juta rupiah, maka anak angkat itu memperoleh wasiat wajibah maksimal sebesar 20 juta rupiah. Boleh kurang tapi tidak boleh lebih.

7. Adapun yang dua pertiga di atas merupakan hak bagi para ahli waris. Yaitu istri Pak Amir, saudara-saudara Pak Amir, dan lain-lain.

8. Setelah sekian tahun, Bu Amir juga meninggal dunia. Dia meninggalkan harta sebesar 200 juta rupiah. Setelah dipotong untuk pembayaran hutang dan pengurusan jenazah, tersisa 150 juta.

9. Bila Bu Amir tidak berwasiat apa-apa, maka anak angkatnya memperoleh hak wasiat wajibah maksimal 50 juta rupiah.

10. Bila Bu Amir berwasiat sedekah untuk sedekah atau wakaf sebanyak 20 juta, maka anak angkat itu memperoleh wasiat wajibah sebesar maksimal 30 juta rupiah.

11. Adapun yang sepertiganya, yaitu 100 juta, merupakan hak bagi ahli waris Bu Amir.

Allahu a’lam.

Tags:

0 thoughts on “Apakah Anak Angkat Berhak Memperoleh Harta Warisan?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Klik di sini
Perlu penjelasan tambahan?