SHOPPING CART

close
Belajar Tajwid

Al-Qur’an dan Koran

Adalah sesuatu yang amat menarik. Kata al-Qur’an dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi Koran. Sementara kata koran dalam bahasa Indonesia berarti harian. Marilah kita baca al-Qur’an sebagaimana kita membaca koran setiap hari. Atau bahkan marilah kita baca al-Qur’an sebelum kita membaca koran.

Kadang-kadang koran salah memberikan informasi kepada kita, dan hal itu bisa dipahamai karena satu dan lain hal. Sedangkan al-Qur’an, sebagaimana kita maklumi bersama, seratus persen isinya adalah kebenaran.

Apabila koran memberikan informasi yang hampir selalu up to date, alhamdulillah al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar sepanjang sejarah kenabian, menjadi patokan bagaimana seharusnya kita bersikap setelah membaca koran.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan kepada kita dan umat Islam di manapun mereka berada untuk selalu berusaha menyempurnakan bacaan al-Qur’an. Hendaknya kita jadikan aktivitas membaca al-Qur’an sebagai sebuah kebutuhan, atau bahkan sebuah kecintaan.

Terakhir, marilah kita simak pesan Nabi Muhammad saw. berkenaan dengan hubungan antara seorang yang beriman dengan al-Qur’an berikut ini:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْأُتْرُجَّةِ , رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ . وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ , كَمَثَلِ التَّمْرَةِ لَا رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ

“Orang beriman yang gemar membaca al-Quran itu seperti buah atrajah; aromanya harum dan rasanya pun lezat. Sementara orang beriman yang tidak suka membaca al-Quran itu seperti buah tamrah (kurma); tidak beraroma namun manis rasanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Allahu a’lam bish-shawab….

***

Tags:

0 thoughts on “Al-Qur’an dan Koran

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...