SHOPPING CART

close
Merawat Cinta

Catatan Kecil tentang Nikah Mut’ah

Pendahuluan

Nikah Mut’ah itu hampir sama dengan nikah biasa pada umumnya. Bedanya cuma satu, yaitu ada keterangan tambahan tentang waktu. Bisa satu tahun, satu bulan, bahkan satu jam. Oleh karenanya, nikah mut’ah disebut juga sebagai nikah kontrak.

Sebagaimana yang kita maklumi bersama, rukun nikah itu ada empat: kedua mempelai, wali, saksi dan ijab-qabul.

Adapun mahar memang wajib, tapi tidak harus ada pada waktu akad nikah, karena mahar itu bisa dihutang. Mahar boleh diserahkan pada saat akad nikah, bisa juga diserahkan setelah akad nikah. Mahar bisa disebutkan besarannya, bisa juga tidak perlu disebutkan. Bila tidak disebutkan, nanti bisa disamakan dengan mahar yang sudah diterima oleh saudara atau kerabat dari mempelai perempuan yang bersangkutan.

Nah dalam pernikahan itu tidak perlu disebutkan sampai kapan berlakunya pernikahan tersebut. Tentunya buat selama-lamanya, alias abadi, bahkan sampai di akhirat. Kalau disebutkan batasan waktunya, berarti itu namanya nikah kontrak atau nikah mut’ah. Seperti halnya orang mengontrak rumah, disebutkan sampai kapan. Bisa berapa tahun, berapa bulan, atau berapa jam seperti yang disinggung tadi.

Nikah kontrak atau nikah mut’ah ini memang pernah diperbolehkan pada masa awal Islam. Namun kemudian diharamkan hingga akhir zaman. Keterangan umum dan ringkas tentang nikah mut’ah ini juga bisa kita baca dalam artikel singkat ini.

Berikut ini beberapa catatan kami tentang nikah mut’ah. Semoga ada manfaatnya…

***

Argumentasi Yang Membolehkan Nikah Mut’ah

Allah berfirman:

فَمَا اسْتَمْتَعْتُم بِهِ مِنْهُنَّ فَآتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ فَرِيضَةً وَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا تَرَاضَيْتُم بِهِ مِن بَعْدِ الْفَرِيضَةِ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

Ayat di atas dijadikan dalil bagi orang yang berpendapat sahnya nikah mut’ah.[1] Ibn ‘Abbas, Ubay b. Ka’b, Sa’id b. Jubair dan al-Suddi membaca ayat itu dengan:[2]

فما استمتعتم به منهن إلى أجل مسمى فآتوهن أجورهن فريضة.

Kemudian ada pula yang memahami ayat tersebut sebagai dasar bagi sahnya nikah mut’ahdengan pemahaman:[3]

فلا جناح عليكم إذا انقضى الأجل أن تراضوا على زيادة به وزيادة للجعل.

Selain ayat itu, terdapat banyak riwayat yang menyatakan pernah disyariatkannya nikah mut’ah, sebagaimana akan penulis sebutkan di bawah ini.

***

Shi’ah Imamiyah dan Nikah Mut’ah

Shi’ah Imamiyah menghalalkan nikah mut’ahdengan rukun nikah sebagai berikut:[4]

Shighah, seperti zawwajtuka, ankahtuka, dan matta’tuka.

Istri, dengan syarat wanita muslimah atau kitabiyah, dan disarankan seorang wanita yang baik-baik. Adapun wanita pelacur, ia dimakruhkan.

Mahar, sama dengan mahar pernikahan pada umumnya.

Tenggang waktu, seperti sehari, sebulan, atau setahun, harus diketahui.

 

Beda Pendapat tentang Makna Haramnya Nikah Mut’ah

Para ulama berbeda pendapat apakah nikah mut‘ah itu diharamkan seperti diharamkannya seseorang menikahi ibunya, atau diharamkannya seseorang memakan daging babi.

Para ulama bersepakat tentang haramnya nikah mut‘ah, kecuali Zafar dari Madzhab Hanafi yang berpendapat bahwa nikah mut‘ah itu sah (thabit), hanya saja syaratnya batil.[5] Yang membatalkan nikah mut‘ah adalah dilafadhkannya “waktu tertentu” pada waktu akad Apabila niat memutuskan pernikahan pada waktu tertentu itu tidak dilafadhkan, maka pernikahan itu sah.

Sementara itu al-Auza‘i berpendapat, pernikahanyang dilakukian dengan niat untuk mengakhirinya pada waktu tertentu itu tetap tidak sah, karena sama dengan nikah mut‘ah.[6]

***

Ibn ‘Abbas dan Nikah Mut’ah

Ibn ‘Abbas berpendapat bahwa nikah mut‘ah itu sah. Pendapat ini diamini oleh sebagian besar muridnya (seperti ‘Ata’ dan Tawus), Ibn Juraij, Abu Sa‘id al-Khudri, Jabir, dan Shi‘ah.[7]

Diriwayatkan bahwa Ibn ‘Abbas menarik pendapatnya itu, tetapi Ibn ‘Abd al-Barr menyatakan bahwa semua riwayat yang mengatakan hal itu adalah dha’if, atau lemah.[8]

Namun agaknya Ibn ‘Abbas hanya memperbolehkan nikah mut’ahitu dengan syarat  Terbukti ketika diberitahu dampak dari fatwanya itu, ia berkata, “Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Demi Allah aku tidak berfatwa seperti itu. Dan bukan seperti itu maksudku. Tidaklah aku menghalalkan nikah mut’ah, kecuali seperti Allah menghalalkan bangkai, darah, dan daging babi. Nikah mut’ah itu tidak halal, kecuali untuk orang yang sedang dalam keadaan terpaksa. Nikah mut’ah itu sama halnya dengan bangkai, darah, dan daging babi.[9]

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan, bahwa sesungguhnya Ibn ‘Abbas tidak pernah menghalalkan nikah mut’ahdi semua waktu, sama halnya dengan ia tidak pernah menghalalkan bangkai, darah dan daging babi. Orang yang mengatakan bahwa Ibn ‘Abbas menghalalkan nikah mut’ah, sama dengan dia mengatakan Ibn ‘Abbas menghalalkan bangkai, darah dan daging babi. Maksudnya, nikah mut’ah itu menjadi halal seperti halalnya bangkai, darah dan daging babi dalam saat-saat tertentu saja. Bila saat-saat tertentu itu telah berlalu, maka nikah mut’ah, bangkai, darah dan daging babi kembali ke hukum asalnya, yaitu haram.

***

Dasar Hukum Haramnya Nikah Mut’ah

Nikah mut’ah itu hukumnya adalah haram, dengan rincian argumen sebagai berikut:

  • Hadits-hadits di atas menyebutkan tentang diperbolehkannya nikah mut’ah dalam kondisi mendesak. Tetapi rukhshah itu kemudian dicabut oleh Rasulullah Saw.
  • Bahwa Umar telah melarang nikah mut’ah ini ketika ia di atas mimbar pada waktu ia menjadi khalifah, dan para shahabat menyetujuinya.[10]
  • Ijma’ para ulama, kecuali sebagian dari Shi’ah, bahwa nikah mut’ah hukumnya adalah haram.[11]
  • Tujuan nikah mut’ah hanyalah semata memenuhi hasrat birahi. Ia tidak dimaksudkan untuk memperoleh keturunan ataupun memelihara keturunan, sebagaimana tujuan utama pernikahan. Dengan demikian nikah mut’ah ini tidak berbeda dengan perzinahan.[12]
  • Nikah mut’ah itu sebenarnya merendahkan martabat wanita, karena ia diperlakukan sebagai barang dagangan; berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. [13]
  • Nikah mut’ah merugikan kepentingan anak-anak. Anak-anak yang lahir dari pernikahan ini tidak mendapatkan hak perlindungan ataupun pendidikan dar kedua orang tuanya. [14]

Adapun pendapat Ibn ‘Abbas yang memperbolehkan nikah mut’ah, ketika diberitahu dampak dari fatwanya itu, ia berkata, “Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Demi Allah aku tidak berfatwa seperti itu. Dan bukan seperti itu maksudku. Tidaklah aku menghalalkan nikah mut’ah itu, kecuali seperti Allah menghalalkan bangkai, darah, dan daging babi. Nikah mut’ah itu tidak halal, kecuali untuk orang yang sedang dalam keadaan terpaksa. Nikah mut’ah itu sama halnya dengan bangkai, darah, dan daging babi.[15]

***

Hukum yang berkaitan dengan nikah mut’ah

Ketika seorang laki-laki dan perempuan telah malakukan nikah mut’ah, berikut hukum yang berkaitan dengannya:

  • Tidak boleh mengganti kata mahar dengan kata upah. Yang demikian membatalkan akad.[16]
  • Setengah mahar dalam nikah mut’ah gugur, bila masa nikahnya selesai sebelum hubungan badan terjadi.[17]
  • Suami tidak wajib memberi nafkah kepada istri, kecuali istrinya mensyaratkan dalam akad nikah.[18] Bila tidak disebutkan dalam akad nikah,  maka istri tidak berhak mendapatkan nafkah dari suaminya.
  • Anak yang terlahir adalah sah dan mengikuti nasab orang tuanya itu. [19]
  • Pada nikah mut’ah tidak dikenal istilah talak dan li’an. [20]
  • Tidak ada hak saling mewarisi antara suami-istri. [21]
  • Adapun anak tetap saling mewarisi dengan kedua orang tuanya itu. [22]
  • Iddah mulai dihitung sejak berakhirnya pernikahan dengan dua kali haid. Bila wanita itu tidak lagi haid, maka ditetapkan dengan empat puluh lima hari. [23]
  • Iddah wafat dalam nikah mut’ah adalah empat bulan sepuluh hari, baik telah terjadi hubungan badan ataupun tidak.[24]

***

Rasulullah tidak pernah melakukan nikah mut’ah

  • Meskipun Rasulullah pernah memberikan izin kepada para shahabat untuk melakukan nikah mut’ah pada saat-saat tertentu, namun tidak ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau pernah melakukannya. Boleh jadi hal ini karena beliau selalu menyertakan salah seorang istrinya untuk turut bepergian dalam setiap bepergian jauh.
  • Selain Rasulullah, para shahabat “besar” pun tidak ada satu orang pun yang diriwayatkan pernah melakukan nikah mut’ah. Seperti Abu Bakr, ‘Umar b. Al-Khattab, ‘Uthman b. ‘Affan, ‘Ali Abi Thalib, Zaid b. Thabit, dan lain-lain. Termasuk Ibn ‘Abbas yang diriwayatkan memperbolehkan nikah mut’ah ini, tidak ada satu pun riwayat yang menyebutkan ia pernah melakukannya.
  • Dari deretan fakta di atas, bisa diambil kesimpulan, bahwa meskipun nikah mut’ah ini pada mulanya diperbolehkan, ia merupakan sesuatu yang tidak terhormat. Ia bukan suatu perbuatan yang dianjurkan. Orang yang melakukannya tidak tambah terhormat karena telah melakukannya. Sebagaimana orang yang memakan bangkai, daging babi, dan darah, juga tidak akan semakin terhormat dengan melakukan perbuatan itu. Sebaliknya, orang yang bisa menahan diri dari nikah mut’ah merupakan salah satu tanda kehormatan dirinya. Sebagaimana ia bisa menahan diri dari memakan bangkai, daging babi, dan darah di kala sedang kelaparan.

***

Hadits dan Terjemah

Mengingat masalah nikah mut’ah ini merupakan masalah yang selalu hangat sekaligus amat sensitif, berikut ini kami sampaikan seluruh hadits yang menjelaskan tentang nikah mut’ah.

  • Hadits Ibnu Mas’ud

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: كُنَّا نَغْزُو مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مَعَنَا نِسَاءٌ، فَقُلْنَا: أَلَا نَخْتَصِي؟ فَنَهَانَا عَنْ ذَلِكَ، ثُمَّ رَخَّصَ لَنَا بَعْدُ أَنْ نَنْكِحَ الْمَرْأَةَ بِالثَّوْبِ إلَى أَجَلٍ، ثُمَّ قَرَأَ عَبْدُ اللَّهِ: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ ) الْآيَةَ﴾. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari (‘Abdullah) Ibn Mas’ud, dia berkata, “Adalah kami berperangbersama Rasulullah r, sementara di antara kami tidak ada perempuan. Kami bertanya, “Tidakkah kami boleh melakukan kebiri?” Beliau melarang kami melakukan itu. Kemudian beliau memberikan kepada kami kelonggaran untuk menikahi wanita untuk sementara selama waktu tertentu (yaitu nikah mut‘ah).” Kemudian ‘Abdullah (bin Mas‘ud) membaca ayat, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu.”[25] (Muttafaq ‘alaih)[26]

  • Hadits Ibnu ‘Abbas

وَعَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ، فَرَخَّصَ، فَقَالَ لَهُ مَوْلًى لَهُ: إنَّمَا ذَلِكَ فِي الْحَالِ الشَّدِيدِ، وَفِي النِّسَاءِ قِلَّةٌ، أَوْ نَحْوَهُ. فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: نَعَمْ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.

Dari Abu Jamrah, dia berkata, “Aku bertanya kepada (‘Abdullah) Ibn ‘Abbas tentang hukum nikah mut‘ah. Maka dia memberikan hukum rukhsah (keringanan). Lalu seorang maulanya berkata, “Hal itu hanya diperbolehkan pada waktu mendesak, sementara jumlah wanitaamat sedikit.” Ibn ‘Abbas berkata, “Ya.” ( Bukhari)[27]

  • Hadits Ibnu ‘Abbas Yang Kedua 

وَعَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : إنَّمَا كَانَتْ الْمُتْعَةُ فِي أَوَّلِ الْإِسْلَامِ، كَانَ الرَّجُلُ يَقْدَمُ الْبَلْدَةَ لَيْسَ لَهُ بِهَا مَعْرِفَةٌ، فَيَتَزَوَّجُ الْمَرْأَةَ بِقَدْرِ مَا يَرَى أَنَّهُ يُقِيمُ، فَتَحْفَظُ لَهُ مَتَاعَهُ وَتُصْلِحُ لَهُ شَأْنَهُ، حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: ﴿إلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ﴾. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: فَكُلُّ فَرْجٍ سِوَاهُمَا حَرَامٌ. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ.

Dari Muhammad bin Ka‘b, dari Ibn ’Abbas, dia berkata, “Nikah mut‘ah itu hanya diperbolehkan pada masa permulaan Islam, dimana seorang laki-laki tiba di suatu negeri yang tidak dikenalnya. Laki-laki itu menikahi seorang wanitasesuai dengan waktu dia tinggal disana. Wanita itu akan menjaga hartanya, dan memenuhi berbagai kebutuhannya. Kemudian turunlah ayat, “Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki.”[28] Ibn ‘Abbas berkata lagi, “Dengan demikian, semua farji (kemaluan) selain dua itu, hukumnya adalah haram.” ( Tirmidzi)[29]

  • Hadits ‘Ali

وَعَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ٬ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ زَمَنَ خَيْبَرَ. وَفِي رِوَايَةٍ: نَهَى عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ يَوْمَ خَيْبَرَ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْإِنْسِيَّةِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا.

Dari ’Ali, bahwa Rasulullah Saw. melarang pernikahan mut‘ah, dan melarang daging himar piaraan pada masa Perang Khaibar. Pada riwayat yang lain, beliau melarang pernikahan mut‘ah pada masa Perang Khaibar, demikian pula daging himar piaraan. (Muttafaq ‘alaih)[30]

  • Hadits Salamah bin al-Akwa’

وَعَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ قَالَ: رَخَّصَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ عَامَ أَوْطَاسٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، ثُمَّ نَهَى عَنْهَا.

Dan dari Salamah bin al-Akwa‘, dia berkata, “Rasulullah memberikan keringanan hukum kepada kami untuk melakukan nikah mut‘ah pada masa Perang Authas selama tiga hari. Kemudian beliau melarangnya.” (HR. Ahmad dan Muslim)[31]

  • Hadits Sabrah al-Juhani

وَعَنْ سَبْرَةَ الْجُهَنِيِّ : أَنَّهُ غَزَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتْحَ مَكَّةَ، قَالَ : فَأَقَمْنَا بِهَا خَمْسَةَ عَشَرَ، فَأَذِنَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ. وَذَكَرَ الْحَدِيثَ، إلَى أَنْ قَالَ : فَلَمْ أَخْرُجْ حَتَّى حَرَّمَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

وَفِي رِوَايَةٍ : أَنَّهُ كَانَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إنِّي كُنْتُ أَذِنْتُ لَكُمْ فِي الِاسْتِمْتَاعِ مِنْ النِّسَاءِ، وَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ ذَلِكَ إلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، فَمَنْ كَانَ عِنْدَهُ مِنْهُنَّ شَيْءٌ فَلْيُخَلِّ سَبِيلَهُ، وَلَا تَأْخُذُوا مِمَّا آتَيْتُمُوهُنَّ شَيْئًا.  رَوَاهُنَّ أَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ.

وَفِي لَفْظٍ عَنْ سَبْرَةَ قَالَ : أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمُتْعَةِ عَامَ الْفَتْحِ حِينَ دَخَلْنَا مَكَّةَ، ثُمَّ لَمْ نَخْرُجْ مِنْهَا حَتَّى نَهَانَا عَنْهَا.  رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

وَفِي رِوَايَةٍ عَنْهُ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ.  رَوَاهُ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُد.

Dari Sabrah al-Juhani, bahwa dia berangkat berperangbersama Nabi Saw. pada Fath Mekah (penaklukan Mekah). Dia berkata, “Kami tinggal di Mekah selama lima belas hari. Rasulullah  memberikan izin kepada kami untuk melakukan nikah mut‘ah.” Kemudian dia berkata, “Namun tidaklah aku keluar (dari Mekah), melainkan Rasulullah Saw. telah mengharamkannya.” (HR. Ahmad dan Muslim)[32]

Pada riwayat yang lain, bahwa Sabrah al-Juhaniberangkat perang bersama Nabi Saw. Beliau bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebelumnya aku memberikan izin kepada kalian untuk melakukan nikah mut‘ah. Namun sesungguhnya (sekarang) Allah telah mengharamkannya hingga hari kiamat. Oleh karena itu, barangsiapa memiliki seorang istri dengan pernikahan ini, hendaknya dia melepaskan pernikahan dengan wanita  Dan janganlah kalian mengambil kembali apa yang telah kalian berikan kepada wanita itu.” (HR. Ahmad dan Muslim)[33]

Pada redaksi yang lain, dari Sabrah, dia berkata, “Rasulullah memberikan perintah kepada kami untuk melakukan nikah mut‘ah pada masa Fath Mekah, ketika kami baru saja masuk Mekah. Kemudian tidaklah kami keluar dari Mekah, melainkan beliau telah melarang kami melakukannya.” (HR. Muslim)[34]

Pada riwayat lain, darinya juga, bahwa Rasulullah melarang pernikahan mut‘ah pada Haji Wada‘. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)[35]

 

Mufradat

Di samping terjemah, untuk lebih memahami makna hadits di atas, kami sampaikan makna beberapa mufradat penting sebagai berikut:

Kami berperang : نَغْزُو
Kami berkebiri : نَخْتَصِي
Kami menikahi seorang wanita hingga waktu tertentu : أَنْ نَنْكِحَ الْمَرْأَةَ بِالثَّوْبِ إلَى أَجَلٍ
Keledai jinak : الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ
Perang Khaibar : يَوْمَ خَيْبَرَ
Kami tinggal bersamanya : فَأَقَمْنَا بِهَا
Bersenang-senang : الِاسْتِمْتَاعِ
Hendaknya ia meninggalkannya : فَلْيُخَلِّ سَبِيلَهُ
Tahun ditaklukkannya Kota Mekah : عَامَ الْفَتْحِ

Takhrij Hadits

  • Hadits Pertama

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: كُنَّا نَغْزُو مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مَعَنَا نِسَاءٌ، فَقُلْنَا: أَلَا نَخْتَصِي؟ فَنَهَانَا عَنْ ذَلِكَ، ثُمَّ رَخَّصَ لَنَا بَعْدُ أَنْ نَنْكِحَ الْمَرْأَةَ بِالثَّوْبِ إلَى أَجَلٍ، ثُمَّ قَرَأَ عَبْدُ اللَّهِ: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ ) الْآيَةَ﴾. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Hadits pertama ini diriwayatkan oleh ketiga imam hadits, yaitu Imam Bukhari, Imam Muslimdan Imam Ahmad. Istilah muttafaq ‘alaih dalam hal ini penulis mengikuti Ibn Taimiyah al-Jadd (Abu al-Barakat Syaikh al-Hanabilah Majd al-Din ‘Ali  ‘Abd Allah b. Abi al-Qasim b. Muhammad al-Khidr b. Muhammad b. ‘Ali b. ‘Abd Allah al-Harrani, kakek Syaikh al-Islam Taqiy al-Din Ahmad b. ‘Abd al-Halim yang terkenal dengan nama Ibn Taimiyah), penyusun Kitab Muntaqa al-Akhbar.

Tidak terdapat kritikan pada hadits ini. Dengan demikian tidak ada masalah akan keshahihan hadits tersebut. Termasuk al-Albani hanya memberikan komentar, “Muttafaq ‘alaih.”[36]

  • Hadits Kedua

وَعَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ، فَرَخَّصَ، فَقَالَ لَهُ مَوْلًى لَهُ: إنَّمَا ذَلِكَ فِي الْحَالِ الشَّدِيدِ، وَفِي النِّسَاءِ قِلَّةٌ، أَوْ نَحْوَهُ. فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: نَعَمْ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.

Pada awalnya ada ulama yang meragukan keberadaan hadits ini pada Shahih Bukhari, seperti Ibn al-Athir, namun Ibn Hajar telah mengecek keberadaannya pada Shahih Bukhari.[37] Hal serupa telah penulis lakukan pula, dan memang hadits tersebut memang ada pada Shahih Bukhari.

Tidak ada kritikan pada hadits ini, yang berarti tidak ada masalah pada hadits tersebut. Al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[38]

  • Hadits Ketiga

وَعَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : إنَّمَا كَانَتْ الْمُتْعَةُ فِي أَوَّلِ الْإِسْلَامِ، كَانَ الرَّجُلُ يَقْدَمُ الْبَلْدَةَ لَيْسَ لَهُ بِهَا مَعْرِفَةٌ، فَيَتَزَوَّجُ الْمَرْأَةَ بِقَدْرِ مَا يَرَى أَنَّهُ يُقِيمُ، فَتَحْفَظُ لَهُ مَتَاعَهُ وَتُصْلِحُ لَهُ شَأْنَهُ، حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: ﴿إلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ﴾. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: فَكُلُّ فَرْجٍ سِوَاهُمَا حَرَامٌ. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ.

Hadits ini hanya diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidhi. Setelah meriwayatkan hadits ini, ia tidak memberikan komentar sama sekali, yang berarti pada hadits ini tidak ada masalah.

Tetapi al-Albani memberikan komentar, bahwa pada sanad hadits ini terdapat seorang yang bernama Musa bin ‘Ubaidah, seorang hamba sahaya yang dinilai bersifat dha’if.[39]

Ibn Hajar berkomentar, “Isnad hadits ini dha’if. Lebih dari itu, ia shadh karena bertentangan dengan hadits lain yang menyatakan ‘illah lain diperbolehkannya nikah mut’ah.”[40]

  • Hadits Keempat

وَعَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ٬ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ زَمَنَ خَيْبَرَ. وَفِي رِوَايَةٍ: نَهَى عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ يَوْمَ خَيْبَرَ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْإِنْسِيَّةِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا.

Pada hadits yang pertama, al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[41] Demikian pula, pada hadits yang kedua, al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[42]

  • Hadits Kelima

وَعَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ قَالَ: رَخَّصَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ عَامَ أَوْطَاسٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، ثُمَّ نَهَى عَنْهَا.

Pada hadits di atas, al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[43] Pada kesempatan yang lain, al-Albani memberikan komentar yang sama.[44]

  • Hadits Keenam

وَعَنْ سَبْرَةَ الْجُهَنِيِّ : أَنَّهُ غَزَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتْحَ مَكَّةَ، قَالَ : فَأَقَمْنَا بِهَا خَمْسَةَ عَشَرَ، فَأَذِنَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ. وَذَكَرَ الْحَدِيثَ، إلَى أَنْ قَالَ : فَلَمْ أَخْرُجْ حَتَّى حَرَّمَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Matan hadits yang pertama disebutkan oleh al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil, dan ia tidak memberikan komentar negatif. Hal ini menunjukkan bahwa pada hadits ini tidak ada masalah.[45] Ia layak dijadikan hujjah.

وَفِي رِوَايَةٍ : أَنَّهُ كَانَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إنِّي كُنْتُ أَذِنْتُ لَكُمْ فِي الِاسْتِمْتَاعِ مِنْ النِّسَاءِ، وَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ ذَلِكَ إلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، فَمَنْ كَانَ عِنْدَهُ مِنْهُنَّ شَيْءٌ فَلْيُخَلِّ سَبِيلَهُ، وَلَا تَأْخُذُوا مِمَّا آتَيْتُمُوهُنَّ شَيْئًا.  رَوَاهُنَّ أَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ.

Pada matan hadits yang kedua, al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[46]

وَفِي لَفْظٍ عَنْ سَبْرَةَ قَالَ : أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمُتْعَةِ عَامَ الْفَتْحِ حِينَ دَخَلْنَا مَكَّةَ، ثُمَّ لَمْ نَخْرُجْ مِنْهَا حَتَّى نَهَانَا عَنْهَا.  رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Pada matan hadits yang ketiga, al-Albani memberikan komentar, “Shahih.”[47]

وَفِي رِوَايَةٍ عَنْهُ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ.  رَوَاهُ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُد.

Pada matan hadits yang keempat, al-Albani memberikan komentar, “Shadh bi hadha al-lafz.”[48] Hal tersebut dikarenakan matan hadits ini menyebutkan bahwa Rasulullahmelarang nikah mut’ah pada waktu Haji Wada’, bertentangan dengan hadits lain yang lebih kuat, yang menyatakan bahwa Rasulullah melarang nikah mut’ah itu adalah pada waktu Fath Mekah.

IstinbathHukum 

Hadits Pertama

  • عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: كُنَّا نَغْزُو مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مَعَنَا نِسَاءٌ، فَقُلْنَا: أَلَا نَخْتَصِي؟ فَنَهَانَا عَنْ ذَلِكَ، ثُمَّ رَخَّصَ لَنَا بَعْدُ أَنْ نَنْكِحَ الْمَرْأَةَ بِالثَّوْبِ إلَى أَجَلٍ، ثُمَّ قَرَأَ عَبْدُ اللَّهِ: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ ) الْآيَةَ﴾. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
  • Dari (‘Abdullah) Ibn Mas’ud, dia berkata, “Adalah kami berperangbersama Rasulullah r, sementara di antara kami tidak ada perempuan. Kami bertanya, “Tidakkah kami boleh melakukan kebiri?” Beliau melarang kami melakukan itu. Kemudian beliau memberikan kepada kami kelonggaran untuk menikahi wanita untuk sementara selama waktu tertentu (yaitu nikah mut‘ah).” Kemudian ‘Abdullah (bin Mas‘ud) membaca ayat, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu.”[49] (Muttafaq ‘alaih)[50]
  • Hadits ini memberikan pemahaman bahwa pada mulanya nikah mut’ahtidak dikenal oleh generasi pertama umat Islam, yaitu generasi para shahabat. Oleh karena itu, ketika para shahabat dalam keadaan jauh dari keluarganya, sementara hasrat seksual tidak tertahankan dan mereka takut kembali terperangkap dalam perzinahan seperti pada masa jahiliyah, mereka meminta izin kepada Rasulullah untuk melakukan kebiri. Dalam kondisi seperti itulah akhirnya Rasulullah memberikan jalan keluar kepada para shahabat, yaitu nikah mut’ah.
  • Dengan demikian, nikah mut’ahitu pada mulanya diperbolehkan oleh Rasulullah  karena tidak adanya istri ketika bepergian jauh (safar).[51] Sementara itu, tidak ada satu pun riwayat yang menyebutkan dibolehkannya nikah mut’ah untuk orang yang sedang muqim. Atas alasan inilah, dinyatakan bahwa nikah mut’ah itu dilarang dan diperbolehkan pada beberapa waktu yang berlainan, sebelum akhirnya dilarang untuk selamanya.[52]

Hadits Kedua

  • وَعَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ، فَرَخَّصَ، فَقَالَ لَهُ مَوْلًى لَهُ: إنَّمَا ذَلِكَ فِي الْحَالِ الشَّدِيدِ، وَفِي النِّسَاءِ قِلَّةٌ، أَوْ نَحْوَهُ. فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: نَعَمْ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.

Selain Ibn ‘Abbas, Ibn Hazm meriwayatkan bahwa terdapat banyak ulama lain yang memperbolehkan nikah mut’ah ini:

وقد ثبت على تحليلها بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم جماعة من السلف رضى الله عنهم منهم من الصحابة رضى الله عنهم : أسماء بنت أبى بكر الصديق، وجابر بن عبد الله، وابن مسعود، وابن عباس، ومعاوية بن أبى سفيان، وعمرو بن حريث، وابو سعيد الخدرى، وسلمة، ومعبد ابناء أمية بن خلف، ورواه جابر بن عبد الله عن جميع الصحابة مدة رسول الله صلى الله عليه وسلم، ومدة أبى بكر، وعمر إلى قرب آخر خلافة عمر، واختلف في اباحتها عن ابن الزبير، وعن على فيها توقف، وعن عمر بن الخطاب انه انما أنكرها إذا لم يشهد عليها عدلان فقط وأباحها بشهادة عدلين، ومن التابعين طاوس، وعطاء، وسعيد بن جبير، وسائر فقهاء مكة أعزها الله.[53]

  • Namun demikian, telah terjadi ijma’ di antara para ulama tentang diharamkannya nikah mut’ah, kecuali sebagian dari golongan Shi’ah.[54]

Hadits Ketiga

  • وَعَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : إنَّمَا كَانَتْ الْمُتْعَةُ فِي أَوَّلِ الْإِسْلَامِ، كَانَ الرَّجُلُ يَقْدَمُ الْبَلْدَةَ لَيْسَ لَهُ بِهَا مَعْرِفَةٌ، فَيَتَزَوَّجُ الْمَرْأَةَ بِقَدْرِ مَا يَرَى أَنَّهُ يُقِيمُ، فَتَحْفَظُ لَهُ مَتَاعَهُ وَتُصْلِحُ لَهُ شَأْنَهُ، حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: ﴿إلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ﴾. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: فَكُلُّ فَرْجٍ سِوَاهُمَا حَرَامٌ. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ.
  • Seorang wanitayang dinikahi dengan nikah mut’ah tidak disebut sebagai seorang istri, dikarenakan tidak adanya hak untuk saling mewarisi dengan laki-laki yang menikahinya. Wanita itu juga tidak bisa dianggap sebagai milik laki-laki yang menikahinya, tetapi ia hanya sewaan untuk waktu yang tertentu. Atas dasar itulah wanita tersebut bukan yang dimaksud dalam ayat yang disebutkan oleh Ibn ‘Abbas di atas.[55]
  • Hal itu dikuatkan oleh Ibn ‘Abbas sendiri melalui percakapannya dengan ‘Umarah maula al-Sharid berikut:
  • عَنْ عُمَارَةَ مَوْلَى الشَّرِيدِ : سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، عَنْ الْمُتْعَةِ أَسِفَاحٌ هِيَ أَمْ نِكَاحٌ ؟ فَقَالَ : لَا نِكَاحٌ وَلَا سِفَاحٌ، قُلْت : فَمَا هِيَ ؟ قَالَ : الْمُتْعَةُ كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى، قُلْت : وَهَلْ عَلَيْهَا حَيْضَةٌ ؟ قَالَ : نَعَمْ، قُلْت : وَيَتَوَارَثَانِ قَالَ : لَا.[56]

Hadits Keempat

  • وَعَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ٬ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ زَمَنَ خَيْبَرَ. وَفِي رِوَايَةٍ: نَهَى عَنْ مُتْعَةِ النِّسَاءِ يَوْمَ خَيْبَرَ، وَعَنْ لُحُومِ الْحُمُرِ الْإِنْسِيَّةِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا.
  • Seperti disampaikan di atas, bahwa hadits ini shahih, namun disampaikan oleh al-Baihaqi, dari al-Humaidi, dari Sufyan, bahwa pada Perang Khaibaritu hanya diharamkan himar jinak (al-humur al-ahliyah/al-insiyah).[57]
  • Pernyataan yang serupa disampaikan al-Zuhri dan Ibn ‘Abd al-Barr.[58]
  • Namun demikian, ternyata terdapat riwayat dari Bukhari dan Muslim di atas yang menyebutkan bahwa nikah mut’ahitu diharamkan waktu Perang Khaibar.

Hadits Kelima

  • وَعَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ قَالَ: رَخَّصَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ عَامَ أَوْطَاسٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، ثُمَّ نَهَى عَنْهَا.
  • Perang Awtas dan Fath Mekah terjadi pada tahun yang sama. Hanya saja, penyebutan peristiwa itu pada Perang Awtas amat diragukan kebenarannya, karena telah dinyatakan pada Fath Mekah sebelumnya bahwa nikah mut’ah haram untuk selamanya.[59]
  • Berdasarkan hadits ini, yang menentukan kapan diperbolehkannya nikah mut’ahdan kapan dilarangnya kembali tidak diserahkan kepada tiap individu umat Islam. Tetapi keputusan itu menjadi wewenang Rasulullah  Hal ini dikuatkan oleh riwayat berikut:
  • عَنْ جَابِرٍ، قَالَ : خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إلَى غَزْوَةِ تَبُوكَ حَتَّى إذَا كُنَّا عِنْدَ الثَّنِيَّةِ مِمَّا يَلِي الشَّامَ جَاءَتْنَا نِسْوَةٌ تَمَتَّعْنَا بِهِنَّ يَطُفْنَ بِرِحَالِنَا، فَسَأَلَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْهُنَّ فَأَخْبَرْنَاهُ، فَغَضِبَ وَقَامَ فِينَا خَطِيبًا فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَنَهَى عَنْ الْمُتْعَةِ، فَتَوَادَعْنَا يَوْمَئِذٍ وَلَمْ نَعُدْ وَلَا نَعُودُ فِيهَا أَبَدًا، فَلِهَذَا سُمِّيَتْ ثَنِيَّةُ الْوَدَاعِ.[60]
  • Meskipun riwayat ini dianggap dha’if oleh Ibn Hajar, namun terdapat beberapa riwayat lain yang serupa diriwayatkan oleh Ibn Hibban dan al-Baihaqi dari Abu Hurairah.

Hadits Keenam

  • وَعَنْ سَبْرَةَ الْجُهَنِيِّ : أَنَّهُ غَزَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتْحَ مَكَّةَ، قَالَ : فَأَقَمْنَا بِهَا خَمْسَةَ عَشَرَ، فَأَذِنَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ. وَذَكَرَ الْحَدِيثَ، إلَى أَنْ قَالَ : فَلَمْ أَخْرُجْ حَتَّى حَرَّمَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
  • وَفِي رِوَايَةٍ : أَنَّهُ كَانَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إنِّي كُنْتُ أَذِنْتُ لَكُمْ فِي الِاسْتِمْتَاعِ مِنْ النِّسَاءِ، وَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ ذَلِكَ إلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، فَمَنْ كَانَ عِنْدَهُ مِنْهُنَّ شَيْءٌ فَلْيُخَلِّ سَبِيلَهُ، وَلَا تَأْخُذُوا مِمَّا آتَيْتُمُوهُنَّ شَيْئًا.  رَوَاهُنَّ أَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ.
  • وَفِي لَفْظٍ عَنْ سَبْرَةَ قَالَ : أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمُتْعَةِ عَامَ الْفَتْحِ حِينَ دَخَلْنَا مَكَّةَ، ثُمَّ لَمْ نَخْرُجْ مِنْهَا حَتَّى نَهَانَا عَنْهَا.  رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
  • وَفِي رِوَايَةٍ عَنْهُ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ.  رَوَاهُ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُد.
  • Semua riwayat di atas menegaskan tentang telah dihapusnya izin melakukan nikah mut’ahpada Fath Mekah untuk selama-lamanya. Adapun hadits terakhir yang menyebutkan bahwa Rasulullah melarangnya pada Haji Wada’, merupakan penegasan atas larangan yang sebelumnya.[61]
  • Hanya saja terdapat riwayat yang menyatakan masih dilakukannya nikah mut’ahini hingga masa ‘Umar b. Al-Khattab.
  • قَالَ عَطَاءٌ : قَدِمَ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ مُعْتَمِرًا فَجِئْنَاهُ فِي مَنْزِلِهِ فَسَأَلَهُ الْقَوْمُ عَنْ أَشْيَاءَ ثُمَّ ذَكَرُوا الْمُتْعَةَ فَقَالَ نَعَمْ اسْتَمْتَعْنَا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ.[62]

عَنْ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا كُنَّا نَسْتَمْتِعُ بِالْقَبْضَةِ مِنْ التَّمْرِ وَالدَّقِيقِ الْأَيَّامَ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ حَتَّى نَهَى عَنْهُ عُمَرُ فِي شَأْنِ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ.[63]

  • Riwayat itu dijelaskan oleh al-Shaukani, bahwa mereka yang masih melakukannya adalah orang-orang yang belum mengetahui tentang telah dihapusnya izin nikah mut’ah. Sehingga ketika ‘Umar melarangnya, tidak ada seorang pun yang menyanggahnya.[64]
  • Lebih tegas lagi, Ibn Majah meriwayatkan ancaman ‘Umar b. Al-Khattab berikut ini:
  • عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : لَمَّا وَلِيَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ خَطَبَ النَّاسَ، فَقَالَ : إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذِنَ لَنَا فِي الْمُتْعَةِ ثَلَاثًا ثُمَّ حَرَّمَهَا، وَاللَّهِ لَا أَعْلَمُ أَحَدًا يَتَمَتَّعُ وَهُوَ مُحْصَنٌ إِلَّا رَجَمْتُهُ بِالْحِجَارَةِ، إِلَّا أَنْ يَأْتِيَنِي بِأَرْبَعَةٍ يَشْهَدُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ أَحَلَّهَا بَعْدَ إِذْ حَرَّمَهَا.[65]

—–

[1] Abu al-Fida’ Isma’il b. ‘Umar b. Ibn Kathir al-Quraishi al-Dimashqi, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim (tt., Dar al-Tayyibah li al-Nashr wa al-Tawzi’, 1999), vol. ii hal. 259.

[2] Ibid.

[3] Ibid.

[4] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 37.

[5] ‘Umar Sulaiman al-Ashqar, Ahkam al-Zawaj fi Dau’ al-Qur’an wal al-Sunnah (Oman: Dar al-Nafa’is, 1997), 101.

[6] ‘Umar Sulaiman al-Ashqar, Ahkam al-Zawaj fi Dau’ al-Qur’an wal al-Sunnah, 102.

[7] ‘Umar Sulaiman al-Ashqar, Ahkam al-Zawaj fi Dau’ al-Qur’an wal al-Sunnah.

[8] ‘Umar Sulaiman al-Ashqar, Ahkam al-Zawaj fi Dau’ al-Qur’an wal al-Sunnah.

[9] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 36-37.

[10] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 36.

[11] Ibid.

[12] Ibid.

[13] Ibid.

[14] Ibid.

[15] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 36-37.

[16] Ibid., 37.

[17] Muhammad Ibrahim Jannati, Fiqih Perbandingan, 465.

[18] Ibid., 466.

[19] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 37.

[20] Ibid., 37.

[21] Ibid.. Muhammad Ibrahim Jannati, Fiqih Perbandingan, 466.

[22] Ibid..

[23] Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, 37. Muhammad Ibrahim Jannati, Fiqih Perbandingan, 465.

[24] Muhammad Ibrahim Jannati, Fiqih Perbandingan, 466.

[25] QS. Al-Mâidah [5]: 87.

[26] Al-Bukhâri no. 4787, Muslim no. 1404/11, Ahmad no. 3986 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[27] Al-Bukhâri no. 4826 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[28] QS. Al-Mu’minûn [23]: 6 dan al-Ma’ârij [70]: 30.

[29] At-Tirmidzi no. 1122 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[30] Al-Bukhâri no. 4825, Muslim no. 1407/30, Ahmad no. 592 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[31] Ahmad no. 16600, dan Muslim no. 1405/18 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[32] Ahmad no. 15382, dan Muslim no. 1406/20 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[33] Ahmad no. 15387, dan Muslim no. 1406/21.

[34] Muslim no. 1406/22.

[35] Ahmad no. 15374, Abu Dawud no. 2072.

[36] Muhammad b. ‘Abd Allah al-Khatib al-Tibrizi, Mishkah al-Masabih (Beirut: al-Maktab al-Islami, 1985), vol. iii hal. 216 h\adits no. 3157. Tahqiq: Muhammad Nasir al-Din al-Albani.

[37] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 546-547.

[38] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, Ghayah al-Maram fi Takhrij Ahadits al-Halal wa al-Haram (Beirut: al-Maktab al-Islami, 1405 H), vol. 1 hal. 289, hadits no. 225.

[39] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, Irwa’ al-Ghalil fi. Takhrij Ahadits Manar al-Sabil (Beirut: al-Maktab al-Islami, 1985), vol. vi hal. 316.

[40] Ibn Hajar, Fath al-Bari, vol. xiv hal. 368 (al-Maktabah al-Shamilah v. 2).

[41] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, Shahih wa Da’if Sunan al-Nasa’i vol. ix hal. 406 (al-Maktabah al-Shamilah v. 2).

[42] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, Shahih wa Da’if Sunan al-Nasa’i vol. ix hal. 407 (al-Maktabah al-Shamilah v. 2).

[43] Muhammad b. ‘Abd Allah al-Khatib al-Tibrizi, Mishkah al-Masabih (Beirut: al-Maktab al-Islami, 1985), vol. ii hal. 213 h\adits no. 3148. Tahqiq: Muhammad Nasir al-Din al-Albani.

[44] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, Shahih wa Da’if Sunan al-Tirmidhi, vol. i hal. 110 (al-Maktabah al-Shamilah v. 2).

[45] Irwa’ al-Ghalil, val. 6 hal. 315.

[46] Muhammad Nasir al-Din al-Albani, al-Silsilah al-Shahihah (Riyadh: Maktabah al-Ma’arif, tt.), vol. i hal. 729.

[47] Irwa’ al-Ghalil, vol. 1 hal. 376, hadits no. 1902.

[48] Irwa’ al-Ghalil, vol. 1 hal. 376, hadits no. 1901.

[49] QS. Al-Mâidah [5]: 87.

[50] Al-Bukhâri no. 4787, Muslim no. 1404/11, Ahmad no. 3986 (al-Maktabah al-Shamilah v. ii).

[51] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar (Beirut: Dar al-Khair, 1998), vol. iv hal. 547.

[52] Abu al-‘Ula Muhammad ‘Abd al-Rahman b. ‘Abd al-Rahim al-Mubarakfuri, Tuhfah al-Ahwadhi bi Sharh Jami’ al-Tirmidhi (1353 H.) (Beirut: Dar al_kutub al-‘Ilmiyah, 1996), vol. iv hal. 226.

[53] Abu Muhammad ‘Ali b. Ahmad b. Sa’id b. Hazm al-Andalusi, al-Muhalla bi al-Athar (Beirut: Dar al-Fikr, 1996), 226.

[54] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 549.

[55] Abu al-‘Ula Muhammad ‘Abd al-Rahman b. ‘Abd al-Rahim al-Mubarakfuri, Tuhfah al-Ahwadhi bi Sharh Jami’ al-Tirmidhi, vol. iv hal. 226.

[56] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 547.

[57] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 551.

[58] Ibid.

[59] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 549.

[60] Ibid., 549.

[61] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 550.

[62] Al-Bukhari no. 2496.

[63] Ibid., no. 2497.

[64] Muhammad b. ‘Ali b. Muhammad al-Shaukani (1255 H), Nail al-Awtar Sharh Muntaqa al-Akhbar min Ahadits Sayyid al-Akhyar, vol. vi hal. 550.

[65] Ibn Majah, no. 1953. al-Albani memberikan komentar, “Hasan.”

Tags:

0 thoughts on “Catatan Kecil tentang Nikah Mut’ah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.