SHOPPING CART

close
Kultum

Makna Kekayaan

Rasulullah Saw. berpesan:

“Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah dua rakaat qabliyah Shubuh, maka itu lebih baik baginya daripada dunia dan isinya.”

Dahulu saya memahami hadits itu sebagai kekayaan materi. Bahwa orang yang shalat sunnah dua rakaat qabliyah Shubuh itu nanti di surga akan diberikan balasan yang lebih baik daripada kekayaan dunia seluruhnya.

Sampai kemudian saya memperoleh penjelasan yang lebih masuk akal, dan saya rasakan lebih mendekati kebenaran. Bahwa maksud hadits di atas adalah sebagai berikut:

Orang yang bisa melaksanakan shalat sunnah qabliyah Shubuh itu akan memperoleh hati yang cukup. Hati yang selalu merasa cukup.

Karena kalau hati sudah merasa cukup, maka pikiran jadi tenang. Tidak mengharap yang bukan-bukan, apalagi sekedar memenuhi keinginan, bukan kebutuhan yang sebenarnya.

Atau diberikan hati yang tabah. Kuat menanggung beban dan ujian. Karena hati yang lemah akan selalu bermasalah, meskipun secara materi amat berlimpah.

 

 

Tags:

0 thoughts on “Makna Kekayaan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...