SHOPPING CART

close
Merawat Cinta

Doa Panjang Umur Buat Calon Pasangan

Banyak orang, maka banyak pikiran dan ide. Tiap orang juga punya cara pandang sendiri-sendiri. Termasuk di sini yang berkaitan dengan kriteria calon pasangan hidup, yaitu suami atau istri.

Dan adalah tugas para nabi dan rasul untuk mengemban risalah ilahiyah bagi rahmat segenap penghuni alam. Sehingga banyaknya pikiran, ide, dan cara pandang itu tidak saling berbenturan, namun justru bersinergi menuju kesempurnaan.

Tugas Utama Para Nabi 

Ada tiga tugas utama setiap nabi dan rasul, yaitu:

  • Menyampaikan wahyu Allah kepada umat manusia.
  • Memberikan teladan bagaimana melaksanakan wahyu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memberikan keterangan tambahan atas makna wahyu yang masih bersifat umum atau tersembunyi maknanya.

Tuntunan Nabawi dalam Memilih Calon Pasangan

Pada umumnya kita lebih mengutamakan harta, keturunan dan kecantikan. Padahal seringkali wanita maupun pria menjadi tinggi hati karena kelebihan harta, nasab, maupun parasnya.

Adapun agama menjadi pertimbangan yang terakhir. Padahal inilah kunci dari kebahagiaan hidup berumah tangga.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad Saw. memberikan pesan kepada kita semua:

 تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Wanita itu dinikahi karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Pilihlah wanita karena agamanya, niscaya engkau bahagia.” (HR. Muslim)

Orang Yang Paling Baik 

Suatu  saat ada dua orang Arab Baduwi menemui Nabi Muhammad Saw. Salah seorang di antaranya bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling baik?” Beliau menjawab:

مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ

“Orang yang panjang umurnya, dan bagus amalnya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Petuah Bapak Kyai

Syahdan ketika masih nyantri lebih dari dua puluh tahun yang lalu, kami pernah memperoleh petuah yang amat berharga dari Bapak Kyai, Mbah Djamaluddin dari Kota Solo. Beliau berpesan:

“Wahai para santriwan dan santriwatiku…. Bila kalian berdoa minta jodoh, selain kriteria saleh-salehah, kaya… nasab yang bagus… cantik sebagai calon istri… tampan sebagai calon suami… Jangan lupa tambahkan satu lagi, yaitu: umur yang panjang.

“Saleh dan salehah itu yang utama… Dapat istri yang kaya, bagus nasabnya, dan cantik rupanya, merupakan nasib yang baik… Begitu pula dapat suami yang kaya, bagus nasabnya, dan tampan rupanya, merupakan keberuntungan yang nyata.

“Tapi kalau umurnya pendek, maka akan jadi musibah besar.

“Maka jangan lupa, tambahkan doa kalian menjadi: Ya Allah, berilah aku jodoh yang saleh/salehah, yang cantik/tampan, yang kaya, yang bagus nasabnya, juga yang panjang umurnya…”

Penutup 

Demikianlah petunjuk Nabi Muhammad Saw. dan nasihat dari Bapak Kyai, utamanya berkaitan dengan jodoh yang terbaik. Semoga ada manfaatnya.

Bila ada tanggapan atau tambahan dari pembaca, kami persilakan untuk menyampaikan pada kolom komentar.

Terima kasih.

Tags:

0 thoughts on “Doa Panjang Umur Buat Calon Pasangan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.