SHOPPING CART

close
Kultum

Ambilkan Bulan, Bu…

Sudah sepuluh tahun yang lalu, tapi saya masih mengingatnya dengan baik. Satu malam ada seorang anak balita, tetangga depan rumah menangis. Saya kira ada apa, mungkin dia minta mainan atau minta diajak jalan-jalan.

Luar biasa, ternyata dia minta diambilkan bulan! Kebetulan waktu itu bulan purnama indah sekali.

Gambar tahun 2006: Dua anak yang berambut poni kakak beradik, yang satunya lagi sulung kami.

Tentu saja kedua orangtuanya tidak bisa berbuat apa-apa, selain membujuk dan berusaha mengalihkan perhatiannya. Memangnya siapa yang bisa mengambilkan bulan, hehe…

Kata istri saya, anak itu habis mendengarkan kakaknya menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu” yang sangat terkenal itu. Lalu si adik ikut menyanyikan. Habis itu mulailah datang malam hari, dan pas datang bulan purnama.

Nah, mungkin di situlah muncul ide brilian anak yang belum genap nalarnya tersebut. Mumpung kelihatan, kenapa tidak diambil saja? Hehe…

Yah, tanpa kita sadari, ternyata kita sebagai orang dewasa juga kadang masih menyimpan pola pikir yang kekanak-kanakan seperti itu.

Tidak salah kita memiliki cita-cita yang tinggi, kalau kita bisa mengimbanginya dengan kerja keras dan sikap pantang menyerah. Namun bila hanya berupa angan-angan yang terus dipelihara siang dan malam tanpa usaha yang memadai, malah bisa jadi racun bagi hati dan pikiran. Nau’dzu billah min dzalik.

Dalam agama Islam, air yang mengalir itu memiliki keistemewaan. Dia tetap dianggap sebagai air suci, meskipun sebenarnya tidak benar-benar suci. Seperti air sungai yang senantiasa mengalir.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita bisa terus-menerus berbuat kebaikan. Yang selain menambah pahala, juga menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Adapun diam adalah pilihan terakhir ketika tidak ada kebaikan yang bisa kita lakukan sama sekali.

“Berkata-katalah yang baik, atau diamlah,” demikian pesan Nabi Muhammad Saw.

Allahu a’lam.

 

Tags:

0 thoughts on “Ambilkan Bulan, Bu…

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...