SHOPPING CART

close
Kultum

Waktu Tak Pernah Berhenti Meskipun di Surga

Sejak lama manusia bermimpi mampu menciptakan mesin waktu yang bisa mengembalikannya ke masa yang telah lalu, atau mengantarkannya ke masa yang akan datang.
Secara pribadi saya sendiri memiliki penilaian bahwa impian tersebut merupakan harapan yang tidak masuk akal.
 Jangankan di dunia yang serba terbatas ini, di surga pun harapan untuk mengulang waktu itu tidak dikabulkan.
 Rasulullah Saw. bersabda: 
يُؤْتَى بِالرَّجُلِ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : يَا ابْنَ آدَمَ كَيْفَ وَجَدْتَ مَنْزِلَكَ ؟ فَيَقُولُ : أَىْ رَبِّ خَيْرَ مَنْزِلٍ. فَيَقُولُ : سَلْ وَتَمَنَّ . فَيَقُولُ : أَسْأَلُكَ أَنْ تَرُدَّنِى إِلَى الدُّنْيَا فَأُقْتَلَ فِى سَبِيلِكَ عَشْرَ مَرَّاتٍ . لِمَا يَرَى مِنْ فَضْلِ الشَّهَادَةِ . رواه النسائي .
“Seorang penghuni surga dipanggil menghadap Allah ‘Azza wa Jalla, lalu Dia berfirman, ‘Wahai Anak Adam, bagaimana engkau mendapati tempatmu di surga?’ Orang itu menjawab, ‘Wahai Tuhanku, aku mendapatinya sebagai sebaik-baik tempat.’ Allah berfirman, ‘Memohon dan berharaplah’ Orang itu berkata, ‘Aku mohon kepada-Mu, hendaknya Engkau kembalikan aku ke dunia, lalu aku terbunuh di jalan-Mu sebanyak sepuluh kali.’ Hal itu ia minta karena demikian besar kemuliaan mati syahid.” (HR. An-Nasa’i)
Apakah kemudian Allah mengabulkan permintaan dan harapan orang tersebut? Tentu saja tidak, karena waktu tidak pernah berhenti ataupun kembali. Rasulullah saw. bersabda kepada seorang shahabat bernama Jabir:
يَا جَابِرُ أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَحْيَا أَبَاكَ ، فَقَالَ لَهُ : تَمَنَّ عَلَىَّ ، فَقَالَ : رُدَّ إِلَى الدُّنْيَا فَأُقْتَلُ مَرَّةً أُخْرَى ، فَقَالَ ِ: نِّى قَضَيْتُ أَنَّهُمْ إِلَيْهَا لاَ يَرْجِعُونَ . رواه أحمد .
“Wahai Jabir, tahukah engkau, bahwa Allah ‘Azza wa Jalla telah menghidupkan ayahmu, lalu Allah berfirman, ‘Mintalah kepadaku!” Ayahmu memohon, ‘Kembalikanlah aku ke dunia lagi, supaya aku bisa terbunuh lagi (sebagai mati syahid).’ Allah berfirman, ‘Aku telah menetapkan, bahwa manusia tidak bisa kembali lagi ke dunia.’” (HR. Ahmad)
Waktu akan terus berjalan, bukan hanya di dunia, namun juga di akhirat.
***
Saudaraku, saat kelak akhirnya kita masuk surga, amin ya Allah, pun kita semua pasti ingin kembali ke dunia.
Lalu mengapa saat sekarang kita semua masih di dunia tidak menggunakan peluang yang amat sangat berharga ini dengan sebaik-baiknya?
***
Ya Allah…
Mohon limpahkanlah kemudahan bagi kami semua untuk mengisi detik demi detik yang Engkau anugerahkan kepada kami dengan sebaik mungkin.
Dan jauhkanlah kami semua dari seluruh pikiran buruk dan niat jahat.
Amin amin amin, ya Rabbal ‘alamin…
***

 

Tags:

0 thoughts on “Waktu Tak Pernah Berhenti Meskipun di Surga

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...