SHOPPING CART

close
Kajian Ibadah

Hikmah Puasa

Seperti syariat Islam yang lain, ibadah puasa memberikan hikmah (manfaat) yang bermacam-macam, yang bisa kita rasakan ketika berpuasa ataupun setelah berpuasa. Di antara hikmah puasa itu adalah:
1. Meningkatkan kesehatan jasmani.
2. Meningkatkan pengendalian diri.
3. Melatih kedisiplinan.
4. Meningkatkan kepedulian sosial.
5. Melatih hidup secara seimbang.
Namun demikian, hendaknya kita tidak menjadikan puasa hanya sebagai sarana untuk mencapai salah satu atau beberapa hikmah di atas. Tujuan kita berpuasa hendaknya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh al-Qur’an sebagaimana disebutkan ayat di atas, yaitu meningkatkan ketakwaan.
Kita menjadikan hikmah puasa itu sekedar bonus saja. Seperti kita membeli sabun atau shampoo, kadang kita diiming-imingi hadiah berupa piring atau gelas. Tujuan kita membeli sabun atau shampoo sebagai alat membersihkan diri. Baik ada hadiah atau tidak ada hadiah, kita tetap membeli sabun atau shampoo tersebut.
Demikian pula halnya dengan puasa. Baik ada hikmah yang bisa ditemukan, ataupun tidak ada hikmah yang ditemukan, kita tetap melaksanakan puasa sesuai dengan syariat Islam.

Tags:

0 thoughts on “Hikmah Puasa

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...