SHOPPING CART

close
Menghafal Al-Qur'an

Pesan Khusus dalam Menghafal al-Qur’an

Berikut ini beberapa pesan para ulama dan ustadz berkaitan dengan menghafal al-Quran. Memang bukan ayat maupun hadits, tapi pengalaman nyata yang berharga.

Semoga memberikan manfaat…

1. Ibnu Mas’ud

Hendaknya seorang hafidh (orang yang hafal al-Quran) senantiasa dalam keadaan waspada. Bangun malam, ketika orang lain tidur. Berpuasa, ketika orang lain makan. Ingat rasa sedih, ketika orang lain bergembira. Ingat menangis, ketika orang lain tertawa. Banyak diam, ketika orang lain berbicara panjang lebar. Dan bersikap tenang, ketika orang lain sibuk dengan urusan dunia.

2. Imam al-Nawawi

Telah selayaknya bagi orang yang hendak menghafal al-Quran untuk selalu menjaga kebersihan hatinya dari segala macam kotoran hati, sehingga dirinya menjadi pantas untuk membaca, menghafal dan memperdalam pengetahuan tentang al-Quran.

3. Fudhail bin ‘Iyadh

Orang yang hafal al-Quran adalah pembawa bendera Islam. Oleh sebab itu, tidak selayaknya ia banyak bergurau, demi menghormati al-Quran. Seorang yang hafal al-Quran hendaknya tidak mendatangi orang lain karena suatu kepentingan, apalagi penguasa dan bawahannya. Justru orang lainlah yang meminta bantuan padanya.

4. Al-Dhahhak bin Muzahim

Musibah manakah yang lebih besar daripada hilangnya hafalan al-Quran?

5. Al-Qasim bin ‘Abdurrahman

Pernah aku berkata kepada seorang ahli ibadah, “Di sini kamu tidak memiliki teman.” Ahli ibadah itu mengulurkan tangannya untuk mengambil mushaf al-Quran, lalu ia berkata, “Inilah temanku.”

6. Gus Syamsul

Al-Quran itu halus garapannya. Jangan sampai dikasari. Ia tidak akan betah tinggal berlama-lama dalam hati yang keras. Bersikaplah lemah lembut kepada al-Quran.

Allahu a’lam.

_______

Sumber:

Mudah & Cepat Menghafal Surat-surat Pilihan, oleh Ahda Bina A., Lc.

Tags:

0 thoughts on “Pesan Khusus dalam Menghafal al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.