SHOPPING CART

close
Manajemen Harta

Punya Hutang, Salahkah?

Orang punya hutang itu tidak salah. Hutang hanya akan menjadi masalah, ketika orang yang punya hutang itu tidak mampu membayar. Dan masalah akan semakin serius, apabila yang berpiutang (orang yang menghutangi) memaksa untuk mengambil piutangnya.

Apa hukum berhutang?

Berhutang itu sebisa mungkin hendaknya kita hindari, kecuali kita sanggup dan tahu caranya membayar. Karena hutang itu akan menjadi beban pikiran di malam hari, dan membuat kita susah menegakkan kepala di siang hari, terutama ketika bertemu dengan orang yang memberikan hutangan.

Berhutang untuk menolong orang lain

Ada dua macam orang yang berhutang. Pertama, orang yang berhutang untuk kepentingan pribadi. Kedua, orang yang berhutang untuk menolong orang lain.

Pada waktu masih kuliah dulu, saya memiliki seorang teman senior yang luar biasa. Dia suka memberikan pinjaman uang kepada teman-temannya. Sampai ketika uangnya habis, lalu masih ada teman yang datang ingin pinjam uang padanya, teman yang mulia ini datang ke rumah saya. Dia pinjam uang pada saya supaya dia bisa memberikan hutangan kepada temannya tersebut.

Orang berhutang untuk kepentingan pribadi inilah yang sebisa mungkin kita hindari. Adapun orang berhutang untuk menolong orang lain, maka inilah yang sangat dianjurkan. Bukan pada berhutangnya, tapi pada perbuatan menolongnya itu.

Allahu a’lam.

Tags:

0 thoughts on “Punya Hutang, Salahkah?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.