SHOPPING CART

close

Tips Ngeblog Supaya Tetap Semangat Bikin Konten Bagus

Saya semangat ngeblog itu kalau sedang sreg dan nyaman dengan tampilan blog.

Kalau lagi tidak sreg. Maka selera ngeblog pun turun dengan drastis.

Jangankan menulis artikel. Membukanya saja sudah males.¬†Semangat juang pun susah dikembalikan. Apalagi ditingkatkan…

Oleh karena itu diperlukan beberapa trik tentang bagaimana menjaga semangat ngeblog yang bagus.

Apa yang saya bagikan di sini adalah pengalaman saya pribadi. Mungkin Sobat ada pengalaman tersendiri, boleh kiranya ditambahkan.

Nama domain yang sesuai dan pas

Tampilan yang paling menarik itu, secara pribadi saya merasakan dimulai dari nama domain.

Sebuah nama domain yang bagus akan bikin kita senang buka-buka website sendiri. Nama yang tidak bagus sudah pasti bikin males.

Nama yang paling bagus

Tapi bagus dan tidaknya nama itu bersifat relatif. Apa yang bagi kita terasa bagus, belum tentu bagi orang lain juga bagus. Demikian pula sebaliknya.

Untuk itu kita perlu menyediakan waktu khusus untuk memikirkan nama domain yang sesuai dengan selera.

Saya sendiri pernah bikin beberapa blog gratisan. Baik di WordPress, Blogspot (Google), maupun yang lain. Nama yang paling bagus adalah nama saya sendiri. Serius. Yah itu menurut saya. Bagi orang lain tentu nama orang itu sendiri adalah nama yang paling bagus. Meskipun tidak selalu demikian. Itulah selera.

Saya juga pernah bikin blog dengan yang bukan nama sendiri. Baik yang gratisan maupun berbayar. Ternyata yang paling bisa bertahan lama adalah blog yang menggunakan nama saya sendiri. Bukan yang lain.

Masalahnya…

Sebuah domain yang saya kira cukup bagus, tiba-tiba saja setelah sekian bulan berlalu ternyata bisa bikin eneg…

Meskipun itu domain berbayar. Nah, apalagi yang gratisan…

Padahal itu juga sudah pakai nama saya sendiri…

Berarti nama domain itu bukan segalanya. Meskipun sudah bagus, bahkan juga sudah pakai nama sendiri. Ternyata masih tetap bukan jaminan kita akan rajin bikin artikel.

Solusinya

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya saya pun pergi blogwalking. Yaitu jalan-jalan ke blog milik orang lain. Saya lihat bagaimana mereka aktif bikin artikel yang bagus dan menarik. Padahal di antara mereka itu bikin nama domain juga tidak terlalu bagus.

Lalu saya ingat lagi tujuan awal saya bikin blog ini. Sebuah tujuan yang menurut saya sangat pribadi. Sebenarnya saya pingin menyebut sebagai tujuan yang sangat mulia. Tapi saya tidak ingin menyatakannya secara terus terang. Malu juga menyebut tujuan pribadi sebagai mulia, apalagi sangat mulia di depan orang lain.

Pokoknya tujuan saya bikin blog ini bukan untuk tujuan duniawi ataupun materi. Meskipun ada juga keuntungan-keuntungan yang bersifat materi. Namun itu hanya efek saja. Bukan tujuan.

Seperti seorang ustadz yang memenuhi undangan untuk memberikan ceramah. Tujuannya adalah menyampaikan dakwah. Kalau pun nanti pulang dikasih “sesuatu”, maka sesuatu itu apapun bentuknya adalah efek dari perbuatan baik tersebut. Bukan tujuannya.

Inilah solusi yang selama ini cukup manjur. Supaya saya kembali bersemangat untuk bikin artikel sebaik mungkin. Yang bermanfaat.

Template pilihan

Ibarat warung, konten adalah makanannya. Sedangkan template adalah tampilan warung tersebut.

Pengalaman saya malas ngeblog itu di antaranya karena masalah template. Merasa tidak pas dengan tampilan dari template.

Padahal template itu merupakan hasil seleksi sekian hari. Yaitu setelah saya obrak-abrik seluruh persediaan template wordpress, terutama yang gratisan tentunya, hehe…

Kalau sudah bosan atau merasa tidak sreg dengan template, maka keinginan ngeblog pun terjun bebas…

Padahal gonta-ganti template itu kata bloger berpengalaman adalah pantangan. Karena akan merusak performa blog kita. Aduh… Tapi mau bagaimana, kata hati tidak bisa dibohongi maupun diakali.

Solusi

Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah kesediaan untuk mengeluarkan uang. Beli template yang bagus.

Karena bagaimanapun bagusnya barang gratisan itu. Pasti memang sudah dirancang oleh pembuatnya. Supaya kita beli yang berbayar. Jadi semua yang gratisan itu adalah perkenalan saja. Selanjutnya lama-lama kita pasti beli template yang berbayar. Dijamin itu.

Kalau tidak mau beli template yang berbayar, maka kita bisa minta kepada seseorang. Yang entah bagaimana dengan sukarela memberikan template yang berbayar itu secara gratis. Apakah bisa? Yah bisa saja. Buktinya saya berhasil memperoleh dengan cara itu. Yaitu dengan cara ketemu seseorang yang baik hati.

Kalau tidak, maka selamanya kita akan merasa ada yang kurang dengan template gratisan. Karena memang template gratisan itu memang dirancang untuk tidak terlalu bagus.

Laptop dan hape

Pengalaman saya malas ngeblog itu juga bisa datang dari laptop dan hape yang biasa saya gunakan untuk bikin konten.

Yaitu ketika saya mulai bosan dengan laptop atau hape yang biasa saya gunakan untuk ngeblog itu. Bagaimanapun terasa bagusnya laptop dan hape waktu pertama kali beli, akhirnya datang juga perasaan bosan itu.

Solusi

Wah kalau ini agak panjang urusannya. Harus dapat izin dulu dari bendahara rumah tangga. Siapa lagi kalau bukan nyonya besar yang berkuasa absolut itu. Sehingga perlu sedikit negosiasi yang diselingi dengan saling intimidasi dan ancam-mengancam, hehe… Ndak juga sih, tapi intinya perlu perjuangan yang ekstra… Asal bisa menemukan alasan yang masuk akal, biasanya ya langsung disetujui. Yang penting memang lagi ada uangnya, hehe…

Baca juga: Beberapa Masalah Menulis Dan Cara Mengatasinya

Ngeblog sama dengan hidup berpasangan

Akhirnya saya punya kesimpulan. Bahwa ngeblog itu sama dengan hidup berpasangan.

Untuk memperoleh pasangan yang ideal kita perlu usaha yang ekstra. Tidak bisa asal ambil ataupun asal pilih. Pasti pilih-pilih. Dan perlu waktu yang tidak sebentar. Namun akhirnya akan tiba juga waktu datangnya rasa jenuh, bosan, hingga waleh. Ketemu yang gitu-gitu aja…

Padahal dari situlah ujian kesetiaan itu sedang berlangsung. Bukankah pasangan yang hebat itu kalau bisa bertahan untuk selama-lamanya. Sampai batas usia memisahkan…

Pasangan yang hebat

Bahwa sebuah pasangan itu dinilai hebat bukan karena kecantikan dan ketampanan, kekayaan dan gaya hidup yang mewah.

Namun karena kesetiaan yang selalu diuji dengan berbagai perasaan yang seringkali tak tertahankan. Di mana ujian itu bukan datang dari luar, namun dari dalam diri sendiri…

Oalah Pak, ini kan cuma masalah ngeblog, ngapain dikaitkan dengan kehidupan rumah tangga…

Oh ya, ini hanya untuk mendramatisir saja. Supaya lebih serem, hehe. Tapi pada intinya semua kembali kepada pilihan masing-masing. Orang kalau sudah seneng, maka dia akan mencari cara bagaimana bisa mengatasi permasalahan. Sebaliknya. Orang kalau sudah merasa tidak cinta, maka masalah pun bisa dicari-cari. Hehe…

Inilah yang bisa saya sampaikan. Dalam rangka menyemangati diri sendiri untuk rajin ngeblog dan terus bikin konten yang menarik. Semoga juga bermanfaat bagi yang lain.

Tags:

0 thoughts on “Tips Ngeblog Supaya Tetap Semangat Bikin Konten Bagus

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.