SHOPPING CART

close
Manajemen Harta

Siasat Pria Tua Mengalahkan Lelaki Muda

Ada seorang shahabat yang bernama Mughirah bin Syu’bah. Dia terkenal sebagai seorang yang berperawakan tinggi tegap, pemberani dan sangat cerdik.

Pada masa tuanya, dia melamar seorang wanita. Di mana secara tidak sengaja lamarannya itu bersamaan dengan seorang lelaki muda yang tidak kalah tampan dan bagus perawakannya.

Menerima lamaran kedua orang lelaki itu, sang wanita mengutus seseorang untuk mengundang keduanya. Dalam pesannya wanita itu berkata:

“Telah sampai lamaran kalian berdua kepadaku. Namun aku tidak akan memberikan jawaban, kecuali aku sudah bertemu dan berbicara dengan kalian. Maka silakan kalian berdua datang menemuiku.”

Saat ketiganya bertemu, Mughirah sudah merasa kalah. Wanita itu pasti akan lebih memilih lawannya.

Mughirah bertanya kepada lelaki muda itu, “Sungguh engkau memiliki wajah yang rupawan, badan yang gagah, dan sangat kuat. Apakah engkau memiliki selain itu?”

Lelaki muda itu menjawab, “Ya, tentu saja.” Maka lelaki itu menyebutkan berbagai kelebihannya. Setelah itu dia pun diam.

Mughirah bertanya lagi, “Bagaiman engkau mengurus hartamu?”

Lelaki muda itu menjawab, “Aku mengurus hartaku dengan sangat cermat dan hati-hati. Tidak ada sedikit pun dari hartaku yang lepas dari pengetahuanku.”

Mughirah memberikan komentar, “Hebat sekali. Aku sendiri biasa meletakkan kantung berisi seribu atau sepuluh ribu dirham (perak) di sudut rumah. Aku biarkan istriku menggunakan uang itu sesuai keperluannya. Biasanya aku baru tahu kalau uang itu habis setelah istriku minta uang lagi.”

Wanita itu berkata, “Sungguh lelaki tua yang tidak akan banyak bertanya ini lebih aku sukai daripada lelaki muda yang akan selalu menanyaiku dengan sangat cermat.”

Wanita itu pun menikah dengan Mughirah bin Syu’bah.

***

Kisah singkat ini menggambarkan bagaimana pentingnya peranan harta dalam keluarga.

Tentu saja tidak semua wanita memilih pasangannya dengan prioritas harta. Namun hendaknya sebagai lelaki kita memahami perasaan dan kehendak pasangan. Terutama yang berkaitan dengan manajemen harta dalam keluarga.

Allahu a’lam.

***

Tags:

0 thoughts on “Siasat Pria Tua Mengalahkan Lelaki Muda

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.