SHOPPING CART

close

PPUT: Program Pendidikan Ulama Tarjih di Kampus Putih UMM

Salah satu unit pendidikan yang sudah cukup lama tumbuh dan berkembang di Universitas Muhammadiyah, adalah Program Pendidikan Ulama Tarjih. Atau lebih lebih familiar disingkat menjadi PPUT.

Pada awalnya, PPUT ini diinisiasi dan dikembangkan oleh Fakultas Agama Islam. Namun setelah Universitas melakukan restrukturisasi, PPUT sekarang ada dalam koordinasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumberdaya Manusia (Pusdiklat SDM), bersama Pelatihan Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) serta Diklat Dosen dan Karyawan.

Untuk lebih memudahkan pemahaman, maka penjelasan mengenai PPUT ini kami sampaikan dalam bentuk tanya-jawab.

Baca Juga: 

Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)

perkuliahan-pput
Perkuliahan PPUT bersama Ustadz Hamgo (Arsip PPUT)

***

1. Sejarah PPUT dan Mengapa Dinamakan PPUT

Pertanyaan:

Apa itu PPUT dan mengapa di namakan PPUT?

(Bisa di jelaskan dengan sejarah PPUT dengan kegiatan, keunggulan, kepala divisi dan lokasi PPUT).

Jawaban:

Sejarah PPUT 

PPUT ini sebagaimana sudah kita ketahui bersama, merupakan kepanjangan dari Program Pendidikan Ulama Tarjih. Didirikan oleh Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, pada tahun 2003. Jadi pada awalnya, PPUT dikelola oleh Fakultas Agama Islam. Namun mulai tahun 2021, PPUT dikelola oleh Pusdiklat UMM.

Pada tahun 2003 hingga tahun 2019, penerimaan peserta PPUT dilakukan dua tahun sekali. Lalu mulai tahun 2021, penerimaan peserta PPUT dilakukan setiap tahun. Alhamdulillah secara kuantitas ada peningkatan. Hal ini menunjukkan komitmen Universitas Muhammadiyah Malang yang semakin baik untuk melahirkan kader-kader ulama di lingkungan Persyarikatan.

Kegiatan PPUT 

Kegiatan PPUT ini ada dua macam, yaitu: di kampus dan di asrama. Di kampus, peserta PPUT memperoleh pendidikan formal sebagai calon sarjana S1. Di asrama, peserta PPUT memperoleh pengayaan di bidang ketarjihan.

Keunggulan PPUT

Dengan demikian, peserta PPUT ini memiliki keunggulan pada penguasaan ilmu-ilmu syariah, khususnya di bidang ketarjihan.

Kepala Divisi PPUT

Sebagaimana telah dijelaskan, bahwa PPUT ini berada dalam pengelolaan Pusdiklat UMM. Bersama dua lembaga yang lain, yaitu Divisi P2KK, dan Divisi Diklat Dosen dan Karyawan. Adapun Kepala Divisi PPUT sekarang adalah saya sendiri, Ahda Bina Afianto. Menggantikan Kepala Divisi sebelumnya, yaitu: Ustadz Agus Supriyadi. Yang sekarang sedang studi lanjut.

Lokasi PPUT

Awalnya, lokasi PPUT ini ada di dua tempat. Kantor utamanya ada di Fakultas Agama Islam, sedangkan asramanya ada di kediaman almarhum KH. Abdullah Hasyim. Namun sejak tahun 2021, lokasi PPUT pindah ke area Pusdiklat di Jalan Karyawiguna No. 370 Malang.

Baca Juga: 

Pokok-pokok Manhaj Tarjih Muhammadiyah No. 1-16

***

2. Program-program PPUT

Pertanyaan:

Sebagai salah satu divisi yang ada di Pusdiklat UMM, apa yang ingin diinformasikan kepada audien terhadap program-program yang ada di PPUT?

Jawaban:

 

Baca Juga: 

Mana Yang Harus Ditaati: Sunnah Nabi atau Majelis Tarjih?

***

3. Prestasi PPUT

Pertanyaan: 

Bisa diceritakan tentang beberapa prestasi yang dimiliki oleh PPUT atau mahasiswanya?

Jawaban: 

Secara umum,

Baca Juga: 

Inilah 10 Kepribadian Muhammadiyah (Muktamar Tahun 1962)

***

Pertanyaan:

Bisa dijelasakan tentang rangkaian untuk masuk di program PPUT, seperti mulai cara daftar, syarat daftar, dan tips dari PPUT?

Jawaban:

Baca Juga: 

Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah: Pokok-pokok Pikiran

asrama-pput
Asrama PPUT (Arsip PPUT)

***

Penutup

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Program Ulama Tarjih Muhammadiyah atau PPUT. Semoga ada manfaatnya bagi kita bersama.

Bila ada pertanyaan mengenai PPUT, silakan disampaikan pada kolom komentar.

Terima kasih.

Tags:

0 thoughts on “PPUT: Program Pendidikan Ulama Tarjih di Kampus Putih UMM

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.