SHOPPING CART

close
Pengantar Studi al-Qur'an

Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul merupakan salah satu istilah yang sangat populer dan berkaitan erat dengan al-Qur’an. Maka pengetahuan tentang asbabun ini menjadi sangat penting. Berikut ini beberapa hal pokok tentang asbabun nuzul yang sebaiknya kita pahami dengan benar.

Pengertian

Asbabun nuzul itu sebuah istilah yang terdiri dari dua kata, yaitu: asbab dan nuzul.

Asbab itu bentuk jamak dari sabab, yang artinya: sebab.

Nuzul artinya turun.

Jadi secara bahasa, asbabun nuzul artinya: sebab-sebab turunnya al-Qur’an.

Itulah makna asbabun nuzul secara bahasa.

Adapun secara istilah, asbabun nuzul artinya: suatu peristiwa yang mendahului turunnya ayat-ayat al-Qur’an.

Contoh Asbabun Nuzul

Dengan izin Allah, suatu saat Rasulullah Saw. telah sekian hari merasa seperti orang yang sedang sakit dan tubuh beliau serasa diikat. Merasa lemas dan tidak bisa bergerak dengan bebas seperti biasanya. Ternyata beliau sedang terkena pengaruh santet atau sihir yang dilancarkan oleh musuh.

Lalu turunlah Jibril As. membawakan dua surat yang mulia, yaitu: Surat al-Falaq dan Surat an-Naas. Rasulullah Saw. diberikan petunjuk untuk membaca kedua surat itu setiap pagi dan petang. Pagi setelah shalat Shubuh dan petang setelah shalat Ashar. Alhamdulillah, beliau pun terlepas dari pengaruh sihir tersebut.

Nah, seluruh rangkaian peristiwa itu disebut dengan Asbabun Nuzul.

Urgensi Asbabun Nuzul

Pengetahuan tentang Asbabun Nuzul ini sangat penting, karena beberapa akibat positif sebagai berikut:

  • Membantu pemahaman kita pada ayat tersebut 

Pengetahuan tentang asbabun nuzul akan memperluas cakrawala berpikir. Dengan demikian, kita juga akan lebih mudah memahami makna ayat yang berkaitan. Kiranya hal ini sudah sangat jelas.

  • Memahami fungsi tambahan ayat 

Dengan mengetahui asbabun nuzul, kita juga akan memahami adanya fungsi tambahan sebuah ayat ataupun surat. Misalnya surat al-Falaq dan an-Naas itu. Selain sebagai informasi akan sifat-sifat Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Melindungi, kita pun bisa menggunakan kedua surat tersebut untuk pengobatan dan antisipasi pengaruh sihir.

  • Menghayati hubungan spesial para shahabat dengan al-Qur’an 

Para shahabat adalah generasi spesial. Mereka menghadapi perjuangan yang sangat berat bersama Rasulullah Saw. Namun di saat yang sama mereka juga memperoleh berkah hidup yang luar biasa. Banyak asbabun nuzul yang menunjukkan “gara-gara” merekalah banyak ayat dan surat diturunkan. Hal ini jelas menunjukkan hubungan yang sangat erat antara al-Qur’an dan para shahabat.

  • Dan lain-lain

Dan masih banyak lagi manfaat dan urgensi asbabun nuzul ini. Dengan seiring bertambahnya pengetahuan kita tentang asbabun nuzul, maka kita pun semakin menyadari dan memahami arti penting asbabun nuzul ini.

Apakah semua ayat ada asbabun nuzulnya?

Tidak semua ayat ada asbabun nuzulnya. Bahkan kalau kita bandingkan antara ayat yang ada asbabun nuzulnya dan yang tidak ada, ternyata lebih banyak yang tidak ada asbabun nuzulnya.

Bagaimana cara mengetahui asbabun nuzul suatu ayat?

Untuk mengetahui asbabun nuzul sebuah ayat, kita bisa mengecek kitab-kitab hadits, atau kitab tafsir.

Kalau di kitab hadits, kita bisa mengecek pada bab al-Qur’an, atau kita sesuaikan dengan tema ayatnya. Kalau ayatnya tentang pernikahan, maka kita cek pada kitab hadits bab pernikahan.

Adapun pada kitab tafsir, biasanya penulis buku tafsir itu memberikan penjelasan asbabun nuzul ayat sebelum menjelaskan makna dan kandungan ayatnya. Bila tidak disebutkan, berarti memang tidak ada asbabun nuzulnya.

Apakah ada kitab yang secara khusus membahas Asbabun Nuzul?

Ada, bahkan ada beberapa. Jadi ada beberapa kitab yang disusun oleh para ulama yang secara khusus membahas dan menerangkan asbabun nuzul ini surat demi surat.

Kitab yang paling bagus adalah: “Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul” yang disusun oleh seorang ulama besar, yaitu: al-Imam Jalaluddin as-Suyuthi. Alhamdulillah juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan baik.

Itulah sedikit penjelasan tentang asbabun nuzul.

Semoga bermanfaat.

Tags:

0 thoughts on “Asbabun Nuzul

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Beasiswa

Hukum Keluarga Islam

Klik di sini
Need help?
Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan, baik berupa pertanyaan maupun konfirmasi tentang artikel ini, maka kami persilakan...